Anggota DPR Khawatir Jaksa Agung Baru Bisa Mudah Diintervensi

Politisi Partai Nasdem, HM Prasetyo ditunjuk sebagai Jaksa Agung.
Sumber :
  • Christina Nila
VIVAnews
Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini
- Anggota Komisi Hukum DPR, Muslim Ayub, meragukan latar belakang politik Jaksa Agung HM Prasetyo yang baru saja dipilih Presiden Joko Widodo. Bagi politisi Partai Amanat Nasional itu, latar belakang partai politik Prasetyo akan menjadikannya menjadi sosok yang mudah diintervensi.

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

"Saya katakan, kalau politisi jadi Jaksa Agung peradilan tidak baik. Kalo mau dari kalangan yang netral. Kalau politisi ada yang terkait otomatis tidak fair," katanya di gedung DPR, Jakarta, Kamis 20 November 2014.
Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI


Muslim menambahkan intervensi partai juga akan mudah dilakukan bila Jaksa Agung berasal dari partai. "Kalo saya jadi presiden, lalu orang PAN jadi Jaksa Agung, perintah saya akan diikuti," ujarnya.


Namun Muslim menyadari jika pemilihan Jaksa Agung merupakan hak prerogatif presiden. Namun sebagai wakil rakyat, dia memiliki hak untuk mengkritisi kebijakan presiden, termasuk pengangkatan Jaksa Agung.


Jokowi telah resmi menunjuk HM Prasetyo sebagai Jaksa Agung. Dia adalah politisi partai NasDem. Prasetyo akan dilantik hari ini di Istana Negara. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya