JK: Pimpinan DPR Tandingan Itu Tak Perlu Ada

Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Erick Tanjung
VIVAnews
7 Rahasia Google
- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyesalkan munculnya DPR tandingan. Menurut pria yang akrab disapa JK, dalam sistem demokrasi tidak ada model DPR tandingan. Dia berharap, DPR bisa menyelesaikan permasalahannya segera.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

"Yang namanya pimpinan tandingan itu tidak perlu ada," kata JK dikantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat 31 Oktober 2014.
Ayah Chandrika Chika Bantah Anaknya Pakai Narkoba Setahun: Ambil Berita Langsung dari Sumbernya


Mantan Ketua Umum Golkar itu mengatakan, perlu dilakukan musyawarah untuk menyelesaikan dualisme di DPR. "Butuh suatu musyawarah yang saling memberi toleransi. Itu harus ada. Demokrasi harus begitu," ujarnya.


Selain itu, JK berharap, Koalisi Indonesia Hebat maupun Koalisi Merah Putih bisa duduk bersama. Pertemuan ini penting untuk menyelesaikan dualisme yang saat ini terjadi.


"Ya, tentu dibutuhkan musyawarah lebih baik lagi. Pengalaman, saling memberi antara koalisi, agar terjadi harmoni yang baik dari dua-duanya. Saya yakin, akan baik," ucapnya


Dia minta, konflik di lembaga legislatif tersebut bisa segera berakhir dan diselesaikan oleh anggotanya sendiri.


Konflik ini muncul usai ditetapkannya alat kelengkapan dewan. Sejumlah anggota DPR dari Koalisi Indonesia Hebat yang notabene pendukung Jokowi - JK menyatakan mosi tidak percaya atas kepemimpinan DPR saat ini yang mayoritas dikuasai Koalisi Merah Putih.


Koalisi Indonesia Hebat dikabarkan akan membentuk DPR tandingan dengan ketua Pramono Anung yang merupakan politisi Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDIP). Hal itu, sebagai bentuk perlawanan yang dinilai merugikan Koalisi Indonesia Hebat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya