Sekretaris Kabinet Baru Dilantik Pekan Depan

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet, Kamis, 30 Oktober 2014.
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

"Ya tadi dipanggil presiden setengah lima sore, tadi diminta tetap berinteraksi dengan mensesneg sampai pelantikan hari Senin atau Selasa minggu depan," kata Andi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Menurut Andi, dia diminta Jokowi untuk bersama-sama Menteri Sekretaris Negara Pratikno agar berusaha untuk melakukan integrasi sinergi yang lebih kuat di setkab dan mensesneg.
Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

"Jadi selama beberapa hari ini kami kerja bareng-bareng. Pak Praktikno juga beberapa kali rapat melibatkan saya. Dan itu akan terus dilakukan ke depan," kata dia.

Sehingga, kata pria berkacamata ini, peran sesneg bertugas melayani presiden sebagai kepala negara, dan seskab melayani sebagai kepala pemerintah. "Itu tidak lagi menimbulkan dualisme," ujar dia.

Sehingga, sesneg dan seskab adalah satu kelembagaan di bawah lembaga kepresidenan yang tugasnya memperkuat presiden.

Sementara, kata Andi, Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) berada di bawah seskab. UKP4 bertugas untuk membantu presiden dalam memantau pelaksanaan program-program kementerian.

Kemudian, staf kantor presiden akan ditunda dulu, sebab itu adalah lembaga kelembagaan baru yang peraturan presidennya masih harus disusun antara setneg, setkab, dan kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

"Kalau pun akan beroperasi penuh kemungkinan bulan Februari. Sementara menunggu arahan presiden yang lebih jelas tentang itu, maka konsentrasinya ada pada usaha mensinergikan setneg-setkab," ujarnya. (ita)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya