Menlu Temui Ketua DPR

Menlu Retno Marsudi mengunjungi DPR / www.dpr.go.id
Sumber :
VIVAnews
Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya
- Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat RI menerima kunjungan silaturahmi Menteri Luar Negeri Kabinet Kerja Retno Marsudi. Pertemuan membicarakan agenda pemerintah ke depan serta peran diplomasi parlemen dalam mendukung hal tersebut.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z
 
Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang
"DPR memberikan apresiasi atas pertemuan ini sebagai upaya membangun hubungan yang konstruktif di antara parlemen dan pemerintah khususnya bidang luar negeri. Peran Diplomasi DPR dijalankan dalam kerangka 3 fungsi yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan," kata Ketua DPR Setya Novanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 29 Oktober 2014.
 

Dalam kesempatan itu ia juga meminta Mantan Dubes RI di Belanda ini memberikan perhatian penuh pada empat isu penting yaitu perlindungan bagi Warga Negara Indonesia di luar negeri, Tenaga Kerja Indonesia, masalah perbatasan dan politik keamanan.

 

Disampaikan pula DPR mendorong pemerintah untuk melakukan penyesuaian atas PP No 31/2013 tentang Peraturan Pelaksana UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Isu penting yang perlu menjadi perhatian adalah tentang pihak-pihak yang ditunjuk untuk memperoleh paspor diplomatik.

 

Menlu Retno Marsudi mengatakan pertemuan silaturahim ini merupakan awal yang baik bagi pemerintah dan parlemen dalam bekerja sama melaksanakan politik luar negeri demi kepentingan rakyat dan bangsa. Ia juga berjanji akan menjadikan perlindungan bagi warga negara di luar negeri sebagai prioritas.

 

"Beberapa isu yang disampaikan Pak Ketua memang jadi prioritas politik luar negeri Indonesia termasuk perlindungan bagi Warga Negara Indonesia itu jadi perhatian kita," tutur Retno yang datang didampingi Wakil Menlu Abdurrahman Mohammad Fachir.

 

Menlu perempuan pertama Indonesia ini juga menyebut sudah menerima surat dari Sekjen DPR yang menyampaikan rencana pertemuan anggota parlemen terkait Millennium Development Goals (MDGs) di Surabaya dalam waktu dekat. "Kami siap mendukungnya," demikian Retno. (www.dpr.go.id)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya