Ziarah Makam Ki Hajar Dewantara, Menpora Ingatkan Makna Sumpah Pemuda

Menpora, Imam Nahrawi
Sumber :
  • Satria Permana/VIVA.co.id

VIVAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta generasi muda untuk bisa meneruskan semangat dan cita-cita luhur perjuangan para pejuang pendidikan.

"Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 harus menjadi inspirasi pergerakan pemuda di Indonesia, khususnya lagi di Jogja," kata Menpora dalam sambutannya saat melakukan ziarah di Taman Makam Wijaya Brata, Yogyakarta, Selasa 28 Oktober 2014.

Menurut Menpora, semangat dari Soegondo Djojopoespito dan ibu, serta Ki Hajar Dewantara yang mempersiapkan Kongres Pemuda sebagai cikal bakal gerakan pemuda di Indonesia harus menjadi pegangan generasi muda.

"Sikap dari para pahlawan yang berani, rendah hati, dan siap membela yang benar harus menjadi teladan bagi generasi muda di tengah keberagaman suku dan bahasa di Indonesia," kata Imam.

Sementara itu, Ketua Harian Majelis Luhur Taman Siswa, Ki Bitus Iswanto mengatakan, di makam tersebut sejumlah tokoh pendidikan dimakamkan, yaitu Ki Hajar Dewantara, Ki Sarmidi Mangunsarkoro, Ki Sarono Mangunpranoto, dan Ki Mangun Said, menteri pendidikan serta Perdana Menteri Ki Sukiman.

Namanya Dikatkan dengan Kasus Korupsi Harvey Moeis, Ayu Dewi: Lindungi Aku dari Fitnah

Hadir dalam acara ziarah, mantan Menpora Roy Suryo. (art)

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024