Jokowi Akan Bentuk Badan Ekonomi Kreatif

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Joko Widodo telah mengubah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi Kementerian Pariwisata saja. Sementara ekonomi kreatif ini, akan dibuat menjadi sebuah badan sendiri.

"Itu (ekonomi kreatif) akan menjadi badan agar jangkauannya lebih luas," kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 28 Oktober 2014.

Badan itu, kata Pratikno, akan dipimpin oleh pejabat tersendiri. "Sedikit di bawah menteri," kata dia.

Sebelumnya, banyak pihak yang kecewa dengan rencana Jokowi yang hanya menjadikan ekonomi kreatif menjadi badan saja, bukan kementerian.

Hal ini memupuskan harapan besar bagi para pendukung ekonomi kreatif. Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Ekonomi Kreatif, Budyarto Linggowiyono.

"Kami harapkan jangan sampai Kementerian Ekonomi Kreatif diturunkan derajatnya hanya berbentuk badan, yang nantinya akan dianggap sebagai bidang yang kurang penting atau kalah penting dibanding pariwisata dan lainnya," ujat Budyarto.

Presiden Jokowi saat kampanye Pemilu Presiden 2014 lalu memang menegaskan komitmennya mendukung penuh sektor ekonomi kreatif.

Bidang yang kebanyakan digeluti anak muda ini dinilai Jokowi memiliki potensi penting untuk meningkatkan daya saing RI, namun sayang belum didukung penuh pemerintah.

[Baca selengkapnya ]

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
Gedung Kejaksaan Agung

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Koordinator TPDI (Tim Pembela Demokrasi Indonesia), Petrus Salestinus mengingatkan kepada Kejaksaan Agung agar tidak itu tidak menjadi bahan santapan para pejabat. Sebab,

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024