Keanggotaan AKD Lima Fraksi Disahkan Paripurna

Ilustrasi: Suasana Rapat Paripurna DPR RI
Sumber :
VIVAnews
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
– Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengadakan Sidang Paripurna guna mengesahkan nama-nama anggota dari lima fraksi untuk Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

Kelima fraksi tersebut yaitu Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN dan Fraksi PKS. Sementara itu kelima fraksi lain yang belum menyerahkan nama-namanya yaitu, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB, Fraksi Hanura, Fraksi Nasdem dan Fraksi PPP.
Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini


Namun sebelum nama-nama anggota fraksi tersebut disahkan, sempat terjadi perdebatan sesama Anggota DPR, bahkan terjadi interupsi bertubi-tubi. Ada Anggota DPR yang meminta pengesahan ditunda dan menunggu fraksi yang belum menyerahkan nama-nama anggota. Selain itu ada juga yang meminta langsung disahkan saja nama-nama anggota yang sudah diterima Sekretariat Jenderal DPR RI, termasuk permintaan agar rapat di-skorsing, sehingga fraksi-fraksi dapat melakukan lobi-lobi.


Anggota DPR Yoseph Umar Hadi mengatakan, skorsing sidang bisa saja ditempuh agar fraksi-fraksi yang belum menyerahkan nama anggota dapat melakukan lobi-lobi. “Kita bisa menyerahkan pada fraksi-fraksi yang belum menyebutkan nama-nama tersebut. Skors sebentar untuk melakukan lobi dan musyawarah mufakat,” ujar Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini.


Akhirnya, karena hujan interupsi terus terjadi, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah akhirnya memberikan solusi dengan meminta rapat diskors 30 menit. Namun Fahri menggaris bawahi, jika penetapan Anggota Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan harus tuntas hari ini, meningingat cukup banyak pekerjaan yang menunggu.


Usai skors dicabut, rapatpun dilanjutkan kembali dan langsung menuju ke pengesahan nama-nama anggota Komisi dan AKD dari lima fraksi. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, selaku pimpinan sidang pun mengetok palu disetujuinya nama-nama anggota dari lima fraksi yang ditugaskan pada Komisi I hingga Komisi XI  dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).


“Apakah nama-nama yang sudah ditetapkan dan diajukan ke Kesekjenan dapat disetujui,” kata Taufik di Ruang Rapat Paripurna  Gedung Nusantara II, Selasa 21 Oktober 2014. Jawaban “Setuju” pun diserukan oleh seluruh Anggota Dewan yang hadir. (www.dpr.go.id)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya