Dua Syarat Calon Menteri Kabinet Jokowi

jokowi bersama keluarga sebelum pelantikan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo menyatakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memberikan dua syarat untuk para calon menteri. Hal ini sesuai dengan prinsip kebijakan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Syarat pertama adalah kabinet kerja. Presiden Jokowi, kata dia, akan mencari orang yang mampu dan memahami garis kebijakan presiden dan mau bekerja secara utuh.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus


"Serta menguasai bidang tugas yang diembannya, dan memahami manajemen," ujar Tjahjo dalam pesan singkat, Selasa 21 Oktober 2014.


Syarat kedua adalah kabinet bersih. Artinya, figur yang terpilih bersih dari indikasi masalah hukum atau korupsi. Ia menyatakan anggota kabinet yang telah dipilih oleh Presiden Jokowi adalah sosok yang sudah tidak berniat mencari kekayaan pribadi atau keluarganya.


"Maka Pak Jokowi sejak awal penyusunan kabinetnya sudah melibatkan KPK dan PPATK. Kita harus optimis bahwa Pak Jokowi akan memilih pembantunya yang tepat di posisi yang tepat sebagai persyaratan utama," tegas dia.


Usai diumumkan secara resmi, menurut Tjahjo, para menteri yang ditunjuk harus menandatangani kontrak khusus. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya