Jokowi Harus Bentuk Kabinet Ahli

Jokowi Tiba di Istana Negara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyatakan para calon menteri yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo harus menguasai bidang yang akan diemban. Jokowi harus membentuk kabinet ahli atau zaken kabinet.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

"Saya pikir masyarakat punya harapan besar terhadap pemerintahan ini, termasuk formasi kabinet yang akan diumumkan dalam waktu dekat," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 21 Oktober 2014.
5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024


Menurutnya, Jokowi harus menunjuk kandidat menteri yang kompeten di bidangnya. Selain itu, mereka juga harus punya kapasitas, kapabilitas, akseptabilitas atau dapat diterima, bersih, jujur, dan punya track record baik.


"Kami di DPR berharap orang-orang yang kompeten yang mengisi postur yang segera diumumkan, sehingga kita bisa bekerja sebagai spparing partner dari pemerintahan ini untuk kemajuan bangsa," katanya.


Terkait nama-nama kandidat yang beredar, termasuk nama Sri Mulyani dan Rusdi Kirana, Fadli mengingatkan bahwa akseptabilitas itu sangat penting.


"Jadi masyarakat yang akan menilai apakah mereka yang dimunculkan dalam wacana ini cocok atau tidak, atau ini transaksi politik, atau ini sekedar barter politik. Saya kira masyarakat kita semakin kritis dan tegas mana orang yang pas dan yang kurang pas," ujarnya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya