Presiden Jokowi Akan Kembalikan RI Sebagai Negara Maritim

Presiden terpilih Joko Widodo
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVAnews - Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa dan negara untuk sama-sama bekerja keras untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat dan memiliki harga diri.

Jokowi ingin mengembalikan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara maritim.

"Kita telah lama memunggungi laut, samudera, selat dan teluk. Sekarang saatnya kita mengembalikan semua, sehingga tercapai Jalesveva Jayamahe kembali membahana di laut kita jaya," kata Jokowi dalam pidato kenegaraannya usai dilantik, Senin, 20 Oktober 2014.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Menurut Jokowi, tugas besar itu mungkin hanya bisa dilakukan presiden dan wakil presiden, tapi perlu ditopang secara kolektif oleh seluruh elemen bangsa. "Lima tahun ke depan adalah pertaruhan kita. Saya yakin dengan kerja keras kita mampu melindungi tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Jokowi mengutip pernyataan Presiden RI pertama, Soekarno untuk membangun Indonesia kuat, makmur dan damai, yakni cakrawati samudera, jiwa pelaut yang berani mengarungi gelombang dan hempasan ombak yang menggulung.

"Saya mengajak warga bangsa naik kapal republik Indonesia,  berlayar bersama Indonesia Raya. Kita akan hadapi badai dan samudera dengan kekuatan kita sendiri saya akan terdiri di bawah konstitusi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa merestui cita-cita luhur kita bersama. Semoga Tuhan memberkati," ucap Jokowi

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam
Syifa Hadju

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju

Selain menyangkut foto-foto tersebut, Syifa Hadju juga menjelaskan mengenai cincin yang terlihat di jari manisnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024