Jokowi-JK Tiba di Gedung DPR/MPR dengan Pengawalan Ketat

pengamanan jelang pelantikan jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla tiba di gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, dengan menggunakan mobil Mercedes hitam berpelat nomor B 1372 RFS. Kalla tiba pukul 08.30 WIB dengan pengawalan ketat.
Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Didampingi istrinya, JK turun dari mobil dengan menggunakan jas hitam dan dasi merah, dengan kopiah. Sementara istri JK menggunakan kebaya merah dengan kerudung senada.
29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Selanjutnya presiden terpilih, Joko Widodo memasuki tempat pelantikan. Jokowi tiba hanya selisih 10 menit dengan JK. Ia menggunakan mobil Mercy hitam pelat nomor B 1925 RFS.
Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Jokowi menggandeng istrinya, Iriana, diikuti ketiga anaknya. Putri kedua Jokowi, Kahiyang Ayu, mengenakan kebaya putih, sedangkan putera sulung dan bungsunya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menggunakan batik cokelat.

Tidak lama kemudian Wakil Presiden Boediono tiba dengan mobil Mercy hitam berpelat nomor Indonesia 2. Ia tiba bersama istri. Boediono kemudian tersenyum menyapa Paspampres yang berjaga. Boediono menggunakan jas hitam, sementara istrinya menggunakan kebaya keemasan, selaras dengan warna dasi Boediono.

Jelang pelantikan, sejumlah tokoh telah berkumpul. Antara lain, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan dan pimpinan MPR lainnya.

Tiba di gedung DPR pukul 07.30 WIB, Zulkifli tidak langsung ke ruang VVIP. Ia masuk ke lobi sebelah kanan Nusantara III, dimana tempat itu merupakan ruang para pimpinan MPR dan DPR.

Clear area

Dari pantauan anggota DPR RI dan DPD masa jabatan 2014-2019 mulai berdatangan. Mereka menggunakan mobil pribadi. Ada juga yang datang berkelompok dengan menggunakan bus berpelat merah.

Paspampres melakukan pengamanan sangat ketat. Sejak pukul 07.00 tidak semua orang bisa masuk ke area VVIP yang merupakan bagian ring I pengamanan.

Awak media yang berada di lobi bawah tempat Presiden dan anggota DPR RI dan DPD tidak diperbolehkan meliput. "Ini ruang privasi," kata seorang petugas ber pakayan jas hitam.

Para anggota DPR RI dan DPD masa jabatan 2014-2019 mulai berdatangan. Mereka tiba mulai menggunakan kendaraan pribadi hingga menggunakan bus dengan pelat merah.

Pengamanan semakin ketat patroli aparat nampak berkeliling area tempat pelantikan. Pengamana mulai dari yang menggunakan seragam hingga yang berjas hitam.

Di bagian ruang persidangan belasan kendaraan lapis baja milik TNI Polri disiagakan. Lengkap dengan pasukan. Dua helikopter bersiaga di lapangan bola tepat di belakang gedung tempat pelantikan Jokowi-JK. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya