Sisi Lain SBY, Humoris dan Punya Ingatan Tajam

Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Nyoman Budhiana
VIVAnews - Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, Susilo Bambang Yudhoyono pensiun sebagai presiden. Menjabat selama 10 tahun, rakyat mengenal SBY sebagai sosok yang kaku dan sangat formal. Namun, sosok SBY yang sebenarnya ternyata jauh dari kesan kaku.
Pesan Mengharukan Shin Tae-yong untuk Korea Selatan

Setidaknya itu menurut Wakil Menteri Luar Negeri Dino Pati Djalal. Kata Dino, SBY memiliki sisi humor yang tinggi. Bahkan, di setiap kesempatan misalnya saat makan siang bersama para menteri dan staf khusus atau di sela-sela rapat, dia sering melempar celetukan yang membuat seluruh isi ruangan tertawa.
Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

"Beliau kan pikirannya fotografik, jadi joke 30 tahun lalu beliau masih ingat ceritanya, si ini dulu giniin saya. Jadi semuanya beliau ingat, jadi saya sempat deg-degan mau ngomong sama presiden karena beliau (pasti) ingat," kata Dino di Jakarta.
Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Dino kemudian menceritakan salah satu celetukan SBY yang membuat seisi ruangan tertawa. Ketika itu, SBY menceritakan, ketika dia berpangkat Kolonel TNI dan dia menginap satu hotel dengan seorang pejabat Pertamina. Namun, pejabat Pertamina itu merebut kamar yang sudah dipesan oleh SBY. Tapi justru pejabat Pertamina-nya yang marah-marah.

"Lalu presiden tiba-tiba bilang, 'itu orang sekarang ke mana ya'," kata Dino.

Menurut Dino, memang setiap hari SBY dan para pembantunya harus tertawa. Sehingga harus menciptakan humor meski di jam kerja. Jika tidak, suasana akan tegang dan justru membuat stres dengan pekerjaan yang seabrek. "Nanti buat keputusan salah. Itu (humor) penting sekali," ujar dia.

Jarang marah

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan bahwa SBY adalah orang yang jarang marah. Meski Dahlan adalah salah satu menteri yang "bandel" tetapi dia hanya diberikan surat teguran saja.

"Saya dapat dua kartu kuning dari Presiden. Ya wajarlah nggak apa-apa," kata Dahlan beberapa waktu lalu.

Meski kerap membuat SBY hingga memberikan surat teguran. Tapi, imbuhnya,  SBY tak pernah sekalipun marah secara verbal dengan Dahlan.  "Nggak pernah (marah) sekalipun," ujar dia. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya