Jejak Jokowi Menuju Istana

Joko Widodo bersilaturahmi dengan kiai NU
Sumber :

VIVAnews - Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla akan dilantik sekaligus diambil sumpahnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat, Senin 20 Oktober 2014. Jokowi-JK dilantik setelah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum sebagai pemenang pada pemilihan presiden 9 Juli 2014 lalu. 

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sempat mempermasalahkan hasil perhitungan suara KPU dan mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum ke Mahkamah Konstitusi. Namun gugatan yang diajukan ditolak seluruhnya oleh MK.

Wali Kota Solo


Jokowi dilahirkan di Surakarta pada 21 Juni 1961. Dia maju sebagai calon presiden bersama Jusuf Kalla pada pemilihan presiden 2014. Jokowi-JK yang memperoleh nomor urut dua bertarung dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang memperoleh nomor urut satu.

Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, Jokowi menjabat sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Joko pertama kali terjun ke dunia politik ketika terpilih sebagai Wali Kota Solo pada tahun 2005. Bersama wakilnya F.X Hadi Rudyatmo, Joko kembali terpilih di periode kedua pada 2010.

Gubernur DKI


Namun sebelum menyelesaikan jabatannya di periode kedua, Jokowi bersama Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu. Jokowi-Ahok terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur setelah bertarung di pilkada selama dua putaran. Di putaran kedua, mereka mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Belum genap dua tahun menjabat sebagai gubernur, Jokowi diberi mandat oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai calon presiden pada pemilu 2014. Jokowi yang didampingi JK diusung oleh PDIP, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hati Nurani Rakyat serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Sebelum menjadi politisi, Joko adalah seorang pengusaha mebel di tanah kelahirannya. Suami Iriana ini adalah alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Joko lulus dari UGM tahun 1985.

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024