LIVE UPDATE: Pelantikan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo memeluk pendahulunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • Reuters/ Darren Whiteside

VIVAnews - Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meletakkan jabatan. Presiden terpilih Joko Widodo kemudian diambil sumpah sebagai Presiden Indonesia yang ketujuh.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Joko Widodo akan dilantik di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat. Proses pelantikan dimulai dari pukul 08.00 WIB. Berdasarkan jadwal, Jokowi akan dilantik pukul 10.12 WIB. Setelah Jokowi mengucapkan sumpah jabatan, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan.

Simak Live Update VIVAnews yang akan diampu oleh jurnalis VIVAnews, Arfi Bambani Amri dan Dwifantya Aquina.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

[Disclaimer: cara terbaik mengikuti Live Update ini melalui web browser karena ada beberapa menu yang menggunakan aplikasi Flash. Untuk memperbarui, tekan tombol refresh atau reload atau F5 di keypad Anda.]

=======

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Pukul 19.40

Live update Pelantikan Presiden Joko Widodo diakhiri di sini. Selamat bekerja, Presiden Jokowi!

Pukul 19.09

Selama 24 jam, Twitter mencatat satu juta tweet terkait Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono. Apa saja topik yang trending hari ini? Simak .

Pukul 18.57

KH Hasyim Muzadi berdoa untuk pemerintahan Jokowi-JK. Ada lima doanya. Simak .

Pukul 18.56

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh rakyat untuk bekerja keras, bergotong royong, untuk membangun bangsa dan negara. "Tidak mungkin negara sebesar ini menjadi negara yang kuat, besar kalau kita hanya bermalas-malasan," ujarnya. Simak

Pukul 18.32

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat dan rupiah juga menguat setelah pelantikan Presiden Joko Widodo. Lebih jauh, simak .

Pukul 18.21

Presiden Joko Widodo mulai berpidato di hadapan warga di pelataran Monas. Jokowi menyalami pedagang kaki lima, tukang kayu, sopir angkot, dokter, perawat, bidan, buruh, TNI, Polri, dan relawan yang mendukungnya. "Ada yang belum disebut petani, nelayan, wartawan," kata Jokowi.

Pukul 18.15

Presiden Joko Widodo menemui masyarakat yang menggelar Syukuran Tiga Jari yang digelar pelataran Monumen Nasional. Acara dibuka dengan lagu "Indonesia Raya". Jokowi direncanakan berpidato di hadapan massa pendukungnya ini.

Pukul 18.10

Dalam telewicara dengan anak-anak Papua, Presiden Joko Widodo berjanji akan melakukan swasembada tiga bahan pokok dalam empat tahun pemerintahannya. Ketiga bahan itu adalah gula, beras dan jagung. Simak

Pukul 17.52

Presiden Joko Widodo kembali ke kebiasaannya mengenakan kemeja yang dikeluarkan meski sedang berdinas, seperti saat menjabat Gubernur Jakarta. Kebiasaan itu pun dipakainya, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Pukul 17.46

Boediono melihat ada harapan besar rakyat pada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hal itu tampak dari keramaian saat pelantikan mereka berdua. Simak

Pukul 17.44

Melalui secarik kertas, Anas Urbaningrum menyelipkan sebuah pesan untuk Presiden Joko Widodo dari dalam penjara. ?

Pukul 17.23

Apa komentar Basuki T Purnama alias Ahok yang kini jadi Gubernur Jakarta menggantikan Jokowi yang dilantik jadi Presiden?

Pukul 17.06

Sore ini, Presiden Jokowi menerima tamu Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Setelah itu, Jokowi menerima tamu Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, kemudian malam harinya Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Simak

Pukul 16.50

Sejumlah pimpinan MPR dan DPR menyampaikan harapan atas pemerintahan Joko Widodo. Mereka yang bicara antara lain Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Simak .

Pukul 16.32

Pesan .

Pukul 16.00

CEO/ Pendiri Path Dave Morin mengucapkan selamat pada Presiden Joko Widodo yang dilantik hari ini.

Pukul 15.50

Presiden Jokowi melakukan telewicara dengan delapan daerah langsung dari Istana Merdeka.

Pukul 15.22

Kehadiran Prabowo Subianto di Pelantikan Presiden Joko Widodo menjadi perhatian utama. Simak.

Pukul 15.12

Susilo Bambang Yudhoyono . SBY mendoakan Jokowi sukses mengemban tugas bangsa dan negara lima tahun ke depan. Pendahulu Jokowi ini juga meminta segenap jajaran lembaga kepresidenan mendukung Presiden baru.

"Selamat bertugas Bapak Presiden. Semoga selalu mendapat bimbingan dan petunjuk dari Allah yang maha kuasa," ujar SBY. 

Pukul 15.08

Pengguna akun Twitter @IlhamSyamtar menyampaikan harapan pada Presiden Jokowi agar tidak ada lagi ketimpangan dalam bidang pendidikan.

Pukul 15.04

Sultan Hamengku Buwono X tidak mendapat undangan hadir dalam pelantikan Presiden. Meski begitu, dari Yogyakarta, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengucapkan selamat kepada presiden yang baru. .

Pukul 14.58

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, tidak lupa menyampaikan harapannya kepada pemerintahan baru periode 2014-2019. Djohar meminta Jokowi-JK tidak melupakan pembangunan olahraga Indonesia. "Pemerintahan yang lalu masih kurang perhatiannya," kata Djohar.

Pukul 14.35

Upacara lepas sambut selesai digelar. Kini sedang berlangsung ramah tamah antara keluarga Presiden Jokowi dengan pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Pukul 14.31

Kejadian lucu terjadi saat inspeksi pasukan dalam upacara lepas sambut. Presiden Joko Widodo "ditepuk" pendahulunya, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk sebentar memberikan penghormatan kepada pasukan. Jokowi dan SBY tampak tersenyum dikulum.

Pukul 14.29

Upacara lepas sambut Presiden digelar.

Pukul 14.23

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Istana Presiden setelah mengendarai kereta kuda dari Bundaran Hotel Indonesia.

Pukul 13.41

Prabowo Subianto terkesima dengan pidato kenegaraan pertama yang dibacakan oleh presiden yang akrab disapa Jokowi itu. Dalam pidatonya, presiden yang akrab disapa Jokowi itu ingin mengembalikan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara maritim. Simak
.

Pukul 13.39

Pengguna akun Twitter @Iwansuratman577 berharap Presiden Jokowi mewujudkan rencana Tol Laut dan membangun infrastruktur jalan darat hubungkan Pontianak dan Kapuas Hulu.

Pukul 13.34

Simak kesan dari politikus Partai Amanat Nasional Alvin Lie mengenai gaya Joko Widodo usai dilantik sebagai Presiden.

Pukul 13.31

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menaiki kereta kencana dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Monas. Jokowi membuka jas hitamnya dan tinggal mengenakan kemeja putih.

Pukul 13.23

Rombongan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Bundaran Hotel Indonesia.

Pukul 13.17

Warga Jakarta yang sedang berada di kerumunan Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dan Monas untuk menyaksikan Presiden Joko Widodo, bisa mengabadikan gambarnya di VIVAnews dengan mention melalui akun Twitter @VIVAnews. Ini pengalaman sekali seumur hidup.

Pukul 13.10

Berikut lokasi Syukuran Rakyat 3 Jari di Monas, Jakarta.

Lokasi Syukuran Rakyat Pelantikan Presiden Jokowi

Lokasi Syukuran Rakyat Pelantikan Presiden Jokowi

Pukul 12.59

Warga Solo juga turut merayakan pelantikan mantan wali kota mereka, Joko Widodo, sebagai Presiden. Masyarakat kampung halaman Joko Widodo itu memeriahkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dengan , dan bus tingkat wisata Werkudara melintasi Jalan Slamet Riyadi dengan titik start dari Stasiun Purwosari hingga Gladak.

Pukul 12.49

Jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman dan Thamrin dipadati warga yang ingin menyaksikan Presiden baru melintas. Simak di .

Pukul 12.39

Mobil RI 1 yang dinaiki Presiden Joko Widodo berjalan pelan di Jalan Sudirman menuju Jalan MH Thamrin, Jakarta. Ribuan warga berebut hendak menyaksikan Presiden ketujuh ini hendak menuju Istana Presiden.

Jokowi tertahan di Jalan Sudirman

Pukul 12.31

Sore ini, pukul 16.00, Presiden Joko Widodo akan melakukan e-Blusukan yakni telewicara melalui delapan monitor televisi yang terhubung dengan delapan daerah di Indonesia. Simak

Pukul 12.27

Pemandangan Bundaran Hotel Indonesia pukul 12.09. Jalan MH Thamrin ke arah Monas padat dengan masyarakat yang ingin menyaksikan Presiden Joko Widodo menuju Istana Presiden.

Pukul 12.09

Berikut suasana Bundaran Hotel Indonesia pada pukul 11.53:

Pukul 12.03

Kami menyarikan beberapa posting "foto perpisahan" yang diunggah Ibu Ani Yudhoyono melalui akun Instagramnya. Anda bisa menyimaknya di .

Pukul 11.59

Berikut naskah lengkap .

Pukul 11.53

Presiden Joko Widodo mengajak segenap bangsa kembali menghadap laut, selat dan teluk. "Saya mengajak warga bangsa naik kapal republik Indonesia,  berlayar bersama Indonesia Raya. Kita akan hadapi badai dan samudera dengan kekuatan kita sendiri saya akan terdiri di bawah konstitusi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa merestui cita-cita luhur kita bersama. Semoga Tuhan memberkati," ucap Jokowi.

Lengkapnya, simak di

Pukul 11.36

Mulai pukul 11.00, Jalan MH Thamrin ditutup dari kendaraan umum. Jalur disisakan untuk lintasan konvoi mobil Presiden dan Wakil Presiden yang akan melintas. Sementara kiri dan kanan jalan sudah disesaki masyarakat yang hendak merayakan pelantikan Presiden ketujuh ini. Simak .

Pukul 11.32

Tak seperti saat jadi Gubernur Jakarta, Presiden Joko Widodo menyatakan tak akan tiap hari bisa dijumpai di Istana Presiden. Jokowi menjanjikan akan ada hari di mana dia bisa dijumpai di Istana. Simak .

Pukul 11.24

Setelah dilantik, Presiden Joko Widodo akan menggelar . Malamnya, Jokowi akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, PM Australia Tony Abbott, PM Malaysia Najib Razak, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Menteri Luar Negeri Filipina membicarakan konflik maritim di Laut China Selatan.

Pukul 11.21

Akun Twitter Partai Keadilan Sejahtera, @PKSejahtera, turut mengucapkan selamat pada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang baru saja dilantik.

Pukul 11.17

Sementara itu, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin dan Monas sudah dipadati dengan rakyat yang merayakan pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden. Simak .

Andong Menanti Jokowi

Pukul 11.13

Bagi yang ingin menyaksikan ulang Jokowi membaca sumpah Presiden, bisa disimak .

Pukul 11.03

Upacara pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ditutup dengan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Pukul 11.02

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Prabowo Subianto. Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu. "Kini saatnya kita menyatukan hati dan tangan melanjutkan ujian sejarah berikutnya di bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan. Saya yakin bisa kita pikul bersama-sama dalam persatuan dan gotong royong," kata Jokowi. Berikut cuplikan pidatonya

Pukul 10.55

Lukman Hakim Saifuddin membaca doa setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dilantik. "Terima kasih kepada Tuhan yang Maha Esa karena sudah membimbing demokrasi bangsa ini sehingga menemukan pemimpin yang tepat," ujar mantan Menteri Agama itu.

Pukul 10.53

Mayor Agus Yudhoyono menulis surat menyentuh untuk ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono, yang baru saja meletakkan jabatan sebagai Presiden. Bagaimana isinya? Simak

Pukul 10.48

Media asing penuh dengan nada optimisme atas pelantikan Presiden Joko Widodo. Simak .

Pukul 10.46

sejak dibuka sebelum pelantikan Presiden Joko Widodo.

Pukul 10.39

Joko Widodo membacakan pidato pertamanya sebagai Presiden. Tak lupa Jokowi memberi salam hormat pada seluruh mantan Presiden dan Ibu Negara yang hadir. Setelah itu Jokowi memberi salam pada Prabowo Subianto yang kemudian diikuti dengan tepuk tangan hadirin.

Pukul 10.36

Mantan Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengucapkan selamat pada Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang baru saja dilantik.

Pukul 10.33

Puluhan penjaja makanan tradisional sudah bersiaga di Monas. Semua makanan digratiskan, sudah dibayar oleh Panitia Syukuran Rakyat. Simak .

Pukul 10.30

Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat menandatangani berita acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Di saat yang sama, pelat mobil dinas yang dikendarai Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono dicopot dan dipasangkan ke mobil dinas yang disediakan untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pukul 10.28

Jusuf Kalla membaca sumpah Wakil Presiden. JK resmi jadi Wakil Presiden lagi!

Pukul 10.27

Joko Widodo membaca sumpah Presiden. Joko Widodo resmi Presiden!

Pukul 10.25

Ketua MPR Zulkifli Hasan membacakan ketetapan MPR yang mengesahkan hasil Pemilihan Presiden yang dimenangi pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pukul 10.23

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan menguraikan sejumlah keberhasilan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memerintah selama sepuluh tahun. .

Pukul 10.14

Ada 17 pimpinan dan utusan negara sahabat yang menghadiri Pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo hari ini. Mereka antara lain Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Perdana Menteri Malaysia Tun Najib Razak. Berikut rincian

Pukul 10.09

Sementara massa pendukung Joko Widodo sudah memadati Bundaran Hotel Indonesia. Mereka akan merayakan pelantikan ini dengan karnaval budaya.

Pukul 10.04

Setelah lagu Indonesia Raya diputar, lalu mengheningkan cipta, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan langsung memberikan pidato.

Pukul 10.00

Upacara pelantikan dimulai dengan lagu Indonesia Raya.

Pukul 09.59

Pengguna akun Twitter @IndraRIGHT punya harapan yang unik untuk Presiden terpilih.

Pukul 09.58

Pengguna akun Twitter @FadhelIndonesia berharap Presiden terpilih lebih memperhatikan rakyat di pulau terluar Indonesia.

Pukul 09.55

Hashtag yang kami populerkan #PresidenJokowi sudah nomor 1 trending topic world wide. Anda masih bisa menyampaikan harapan atau komentar terhadap Presiden terpilih dengan menggunakan hashtag dengan mention @VIVAnews.

Pukul 09.52

Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto menjadi pusat perhatian ketika tiba di Gedung MPR untuk mengikuti proses pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo. Simak

Pukul 09.39

Bagi Anda yang sedang online dan tak bisa menyimak televisi, bisa juga mengikuti perkembangan proses pelantikan Joko Widodo melalui .

Pukul 09.29

Presiden terpilih Joko Widodo memastikan langsung malam ini. Sementara Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla juga akan menempati rumah dinas Wakil Presiden di Jalan Diponegoro mulai pekan depan.

Pukul 09.23

Calon Presiden n terpilih Joko Widodo. Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya itu terlihat melambai-lambaikan tangan ke para jurnalis, seperti terlihat di tayangan langsung tvOne.

Pukul 09.18

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengucapkan selamat pada Presiden terpilih Joko Widodo. Berikut tweet Ridwan:

Pukul 09.12

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah tiba di Gedung MPR.

Pukul 09.07

Pengguna akun Twitter @erolghaitsa berharap Presiden terpilih Jokowi nanti bisa menghapuskan praktik outsourcing di dunia ketenagakerjaan.

Pukul 09.01

Pukul 08.38, Presiden terpilih Joko Widodo bersama keluarga sudah tiba di Gedung MPR.

Pukul 08.56

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa dan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih menyatakan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya, Prabowo Subianto, .

Pukul 08.49

Pengguna akun Twitter @Mafazfaza berharap Presiden terpilih Joko Widodo bisa meningkatkan kecepatan Internet. Sepuluh tahun memerintah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum berhasil mengembangkan kecepatan Internet Indonesia seperti tertuang dalam laporan Sorot VIVAnews

Pukul 08.44

Calon Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan kebaya berwarna oranye di hari pelantikan suaminya sebagai Presiden. Iriana menyebut, dia .

Joko Widodo

Pukul 08.42

Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla, sudah tiba di gedung MPR.

Pukul 08.39

Ketua MPR Zulkifli Hasan sudah tiba di Gedung MPR. Simak live tweet kami melalui @VIVAnews

Pukul 08.36

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dipastikan hadir mengikuti pelantikan Presiden Joko Widodo. Kehadiran Kerry tentu saja membawa sejumlah misi. Apa saja? .

Pukul 08.33

Ada meme menarik yang di-tweet Farida Indriastuti soal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini.

Pukul 08.30

Apa alasan Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla, kembali mengenakan jas yang sama saat di tahun 2004 dilantik sebagai Wakil Presiden? Simak

Pukul 08.26

Pengguna akun Twitter @Blanc02 berharap Presiden terpilih nanti memperhatikan perumahan untuk pegawai negeri kecil.

Pukul 08.23

Akun Twitter @JakartabyTrain berharap Presiden terpilih Joko Widodo nanti memilih Menteri Perhubungan yang bisa membuat layanan transportasi jauh lebih baik.

Pukul 08.21

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman sudah bersiap untuk mengikuti proses pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo.

Pukul 08.17

Di jagat Twitter sedang ramai . Presiden SBY melalui akun @SBYudhoyono mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diterimanya itu.

Pukul 08.11

Beberapa menit sebelumnya, Ibu Sinta Nuriyah Wahid, istri mendiang Presiden Abdurrahman Wahid, tiba di Gedung MPR. Nuriyah didampingi putrinya, Yenny Wahid.

Pukul 08.08

Presiden terpilih Joko Widodo menggelar jumpa pers di rumah dinas Gubernur Jakarta sebelum berangkat menuju Gedung MPR. Jokowi tampak didampingi istri, putra dan putri. Jokowi menyampaikan sudah sarapan separuh pisang goreng dan segelas jamu jahe-kunir. Anda bisa menyaksikan langsung di stasiun televisi tvOne.

Pukul 08.03

Pengguna Twitter @Fuad_Nich menyampaikan harapan menarik pada Presiden terpilih Joko Widodo.

Pukul 08.00

Pukul 11.00 ini, massa pendukung Presiden terpilih Joko Widodo akan merayakan pelantikan di sepanjang Jalan Sudirman sampai Monas. Polisi sudah mengantisipasi dengan pengalihan arus. Anda bisa menyimak

Pukul 07.57

Bagi Anda yang hendak bepergian ke luar Jakarta dengan menggunakan kereta api, Stasiun Gambir hari ini ditutup, penumpang dialihkan melalui Stasiun Jatinegara. Berikut

Pukul 07.54

Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla membawa sejumlah anggota keluarga mengikuti pelantikan. Anda bisa menyimak siapa saja keluarga dekat Jusuf Kalla melalui berita

Pukul 07.52

Kepada tvOne, Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menyampaikan semalam sudah cukup istirahat. Jusuf Kalla menyatakan kembali mengenakan jas yang sama dipakainya saat dilantik sebagai Wakil Presiden pada tahun 2004.

Pukul 07.42

Langsung disiarkan tvOne, Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menjawab beberapa pertanyaan jurnalis menjelang berangkat dari kediamannya menuju Gedung MPR. Jusuf Kalla menyampaikan mengenakan sepatu JK Collection.

Jusuf Kalla pakai sepatu sebelum ke acara pelantikan.

Pukul 07.39

VIVAnews sudah mewawancarai Ketua MPR Zulkifli Hasan yang nanti akan memimpin upacara pelantikan Presiden. Politikus Partai Amanat Nasional ini menyampaikan, pelantikan ini adalah tonggak sejarah bangsa. Zulkifli membantah ada upaya membatalkan pelantikan. Simak wawancaranya

Pukul 07.31

Beberapa jam lagi, Susilo Bambang Yudhoyono tidak lagi menjadi Presiden Indonesia. Apa saja warisan SBY pada bangsa dan rakyat Indonesia? VIVAnews sudah menurunkan laporan khusus SOROT

Pukul 07.27

Wikra yang menggunakan akun Twitter @wikrawardhana menyuarakan soal kebijakan bahan bakar minyak. Dia berharap Jokowi mengutamakan kebutuhan dalam negeri.

Pukul 07.25

Jalan Jenderal Sudirman ke arah utara ditutup. Arus sudah dialihkan sejak dari Semanggi.

Pukul 07.17

Seorang pengguna Twitter, jrin morrison, yang menggunakan akun @mfajrin_27 berharap Jokowi benar-benar mewujudkan Indonesia hebat.

Pukul 07.13

Ketua Umum Partai NasDem tiba-tiba Surya Paloh mendatangi rumah dinas Gubernur DKI pada pukul 6.40 dengan didampingi asisten dan sopirnya. Pria dengan ciri khas brewoknya tersebut datang dengan mobil Cadillac Escalade bernomor polisi B 2129. Belum diketahui apa maksud kedatangan yang beberapa jam lagi dilantik sebagai Presiden.

Pukul 07.10

Jalan Gatot Soebroto di depan Gedung MPR masih dibuka untuk umum. Namun sejumlah arus lalu lintas mengarah ke gedung tersebut mulai dialihkan. Anda bisa menyimak suasana ini melalui .

Pukul 07.06

Dwi Astuti yang menggunakan akun Twitter @amoydwi_10 menyampaikan harapan pada Jokowi bisa membuat negeri ini lebih maju.

Pukul 07.03

Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla, menyiapkan enam bus untuk proses pelantikan. .



Pukul 06.57

Anda punya aspirasi yang ingin disampaikan pada Presiden baru? Harapan, pesan atau komentar Anda bisa di-mention ke @VIVAnews. Komentar terbaik, akan kami tampilkan di LIVE UPDATE ini.

Pukul 06.48

Sejak Minggu, 19 Oktober 2014, sejumlah kepala negara dan pemerintahan dari negara-negara sahabat sudah tiba di Jakarta untuk menghadiri pelantikan. Salah satunya, .

Pukul 06.42

Bagaimana suasana di Gedung MPR tempat pelantikan akan dilangsungkan? Anda bisa menyimak live tweet @VIVAnews dengan tanda pagar #PresidenJokowi.

Pukul 06.38

Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta maaf pada rakyat melalui akun Twitternya.

Pukul 06.32

Rangkaian acara pelantikan dimulai dari pukul 08.00. Tempat pelantikan di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat, Jakarta. Simak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya