Kuda Penarik Kereta Jokowi Didatangkan dari Solo

Jokowi Karnaval Solo
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)

VIVAnews - Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan diarak menuju Istana Negara dengan kereta usai pelantikan presiden dan wakil presiden di gedung DPR/MPR, Senin 20 Oktober 2014. Jokowi pun memilih mendatangkan kuda penarik keretanya langsung dari Solo.

Pemilik kuda, Mas Ngabehi Mudjiono Prasetyo, mengatakan kuda yang akan dibawa ke Jakarta untuk kirab pelantikan Jokowi berjumlah empat ekor. Kuda-kuda tersebut memang sudah terbiasa digunakan untuk menarik kereta.

"Empat ekor kuda itu terdiri dari dua ekor kuda milik saya dan dua ekor lainnya milik teman saya. Jumat sore ini akan diangkut dengan truk menuju Jakarta," kata dia ketika ditemui di kandang kuda miliknya di Jajar, Laweyan, Solo, Jumat, 17 Oktober 2014.

Mudjiono menuturkan, pemberitahuan jika kuda miliknya akan disewa untuk kirab presiden pada hari Selasa lalu. Jokowi memesan melalui orang dekatnya yang bernama Anwar. Setelah ada pembicaraan, kepastian harga sewa dan proses pemberangkatan menuju Jakarta ditentukan pada hari Kamis kemarin.

"Selain kuda, yang ikut dibawa ke Jakarta juga perlengkapan pakaian kuda serta pakan kuda. Sedangkan kereta yang akan ditarik kudanya merupakan milik Pemprov DKI Jakarta," jelas dia.

Lebih lanjut, Mudjiono menerangkan jika dua ekor kuda betina miliknya yang bernama Agustin dan Srikandi itu merupakan keturunan kuda pacu. Kuda yang akan menarik kereta Jokowi itu memiliki tinggi sekitar 1,5 meter.

"Itu jenis kuda pacu serta kuda poni. Umur dua ekor kuda itu masing-masing 9 dan 10 tahun," kata Mudjiono.

Kuda-kuda koleksi Mudjiono memang kerap menjadi langganan Jokowi untuk disewa setiap acara kirab. Bahkan, saat Jokowi masih menjadi Walikota Solo, Mudjiono kerap mendapat order sewa kuda untuk kirab.

"Mulai Pak Jokowi maju jadi wali kota saja sudah mulai menyewa kuda. Terus ketika menjadi wali kota sering menggelar kirab dengan menyewa kuda saya. Bahkan, saat menjadi gubernur juga menyewa kudanya untuk kirab festival keraton di Jakarta," katanya.

Dalam kirab usai pelantikan nanti, Mudjiono akan bertindak sebagai kusir kereta yang ditumpangi Jokowi. Ia pun menjamin jika kuda miliknya tidak akan ngamuk saat kirab nanti.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

"Ini kuda khusus yang biasa digunakan untuk menarik kereta saat kirab. Kuda ini tidak takut dengan keramaian maupun kebisingan suara," lanjut Mudjiono. (ren)

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024