PDIP, PKB, dan Hanura Belum Tentukan Pimpinan, Sidang Diskors Lagi

Rapat Paripurna MPR DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Pimpinan sidang paripurna untuk membentuk paket ketua DPR RI kembali diskors. Ini disebabkan PDIP, PKB, dan Hanura belum mempunyai susunan fraksi.
Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

"Sidang diskors 15 menit untuk lobi mengenai susunan fraksi. Saya minta perwakilan dari PDIP, PKB, dan Hanura untuk ke ruang lobi," kata pimpinan sidang Popong Otje Djundjunan dalam rapat paripurna, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 2 Oktober 2014.
Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Popong mempersilakan perwakilan tujuh partai yang sudah mempunyai susunan fraksi untuk membacakannya.
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Saat membacakan nama pimpinan fraksi anggota DPR terpilih dari Partai Nasdem, Bachtiar Ali mengkritik tingkah laku anggota DPR terpilih dari PDIP yang membuat suasana paripurna kisruh.

"Saudara-saudara ini menyedihkan. Bagaimana pun kita ini anggota DPR baru, berpendidikan tinggi tapi berkelakuan seperti ini. Semua kita memalukan," katanya.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, membacakan susunan anggota fraksi Partai Demokrat. "Ketua Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono. sekretaris fraksi, Didik Mukriyanto dan bendahara fraksi Anton Sukartono," katanya.

Untuk fraksi Golkar dipimpin oleh ketua fraksi, Ade Komarudin. Fraksi Gerindra, ketua fraksi Ahmad Muzani, dan Ferry J Francis sebagai sekretaris fraksi. Fraksi PAN dipimpin oleh Tjatur Sapto Edy, dengan sekretaris Teguh Juwarno dan bendahara Dewi Koryani.

PPP, penasihat Romahurmuziy, ketua fraksi Hasrul Azwar, wakil ketua fraksi Syafulah Tamliha dan sekretaris fraksi Arwani Tomafi. PKS kembali dipimpin Hidayat Nur Wahid sebagai ketua.

Dari kubu Jokowi-JK hanya Nasdem yang sudah menyiapkan susunan fraksi. Fraksi Nasdem terdiri atas 36 orang anggota legislatif. Fraksi ini dipimpin oleh Victor Laiksodat.

Sementara itu, posisi sekretaris fraksi ditempati oleh Abdullah Al Fajri, dan Ahmad Syahroni sebagai bendahara fraksi.

Ketiga partai lainnya PDIP, PKB, dan Hanura meminta waktu untuk menyiapkan susunan fraksi. Popong memberi waktu ketiga partai untuk melakukan lobi terkait susunan fraksi ketiga partai pengusung Jokowi-JK itu. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya