Ini Daftar Menteri yang Rangkap Jabatan

Rapat Paripurna Kabinet
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung, kini didaulat merangkap sebagai Menteri Kehutanan ad interim, mengisi kekosongan Zulkifli Hasan yang mengundurkan diri paska terpilih menjadi anggota parlemen periode 2014-2019.

Hal tersebut dikatakan merupakan keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Menhut dirangkap oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 1 Oktober 2014.

Praktis, dengan keputusan itu, CT kini akan memegang kendali tiga jabatan menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim, dan Menteri Kehutanan ad interim.

Selain Kementerian Kehutanan, Menteri Perhubungan yang sebelumnya dijabat E.E. Mangindaan dikatakan akan dirangkap oleh Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono (ad interim), dan jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika yang sebelumnya dijabat Tiffatul Sembiring dirangkap oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto.

Jabatan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM) yang sebelumnya dijabat Syarif Hasan, akan dirangkap oleh Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dan jabatan Menteri Pemberdayaan Daerah Tertinggal yang dijabat Helmy Faishal Zaini, akan dirangkap oleh Menteri Bappenas, Armida Alisjahbana.

"Lalu, ada jabatan menteri tenaga kerja dan transmigrasi (yang dijabat oleh Muhaimin Iskandar), tetapi lupa dirangkap siapa," kata CT.

CT menjelaskan, surat keputusan yang dikeluarkan Presiden sudah terbit. Kendati demikian, ia tidak menyebutkan tanggal penerbitan Keppres, serta mulai pemberlakuannya. "Keppres-nya sudah turun," kata dia.

Meskipun beberapa kementerian dirangkap jabatan, CT mengaku optimistis jika ia bersama rekan-rekan sesama menteri dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

"Efektif segala sesuatunya. Harus bisa berjalan sampai 20 Oktober," tuturnya. (art)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024