Kembali ke DPR, Misbakhun Janji Tetap Kritis

M Misbakhun dan Aviliani
Sumber :
  • VIVAnews/ Anggi Kusumadewi

VIVAnews - Anggota DPR terpilih periode 2014-2019 resmi dilantik di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 Oktober 2014. Di antaranya, mantan anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera yang kini berlabuh di Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun.

Saat menjadi anggota DPR hasil Pemilu 2009, Misbakhun dikenal vokal. Pria asal Pasuruan, Jawa Timur itu juga dikenal sebagai inisiator pembentukan panitia angket kasus Bank Century.

Tapi, kini Misbakhun menjadi anggota DPR dari Partai Golkar. Meski demikian, ia berjanji untuk tetap vokal dan kritis terhadap kebijakan pemerintah yang tidak berpihak ke rakyat.

"Mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada kepentingan rakyat adalah sebuah kewajiban hakiki bagi saya sebagai anggota DPR. Karena itu merupakan wujud dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat yang harus menjaga amanah yang sudah diberikan oleh rakyat," kata Misbakhun.

Sebagai anggota DPR yang baru dilantik, Misbakhun tak mau menjadi wakil rakyat yang masuk ke Senayan tanpa punya agenda. Salah satu aspirasi yang ingin diwujudkannya adalah mendorong revisi UU di bidang perbankan yang dianggapnya sudah sangat liberal. Menurutnya, liberalisasi sektor perbankan di Indonesia harus sudah mulai ditahan.

"Karena stabilitas ekonomi Indonesia saat ini perlu diperkuat kembali dengan perbankan yang ditopang pemilik modal lokal sehingga mampu memberikan penguatan pada pertumbuhan sektor riil yang dikedalikan oleh pengusaha nasional," ujarnya.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Menurut dia, saat ini kepemilikan asing di sektor perbankan dibolehkan sampai 100 persen dan ini harus mulai dibatasi supaya pertumbuhan sektor keuangan Indonesia tidak hanya dinikmati oleh modal asing yang sudah sangat kuat menjadi makin kuat.

Disinggung tentang posisinya sebagai anggota FPG yang menjadi bagian dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan akan berhadapan dengan kubu pendukung partai pemerintah, Misbakhun mengatakan bahwa hal yang perlu diingat adalah pentingnya mengedepankan komunikasi politik yang baik antara eksekutif dan legislatif demi memecahkan persoalan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi.

"Tidak boleh ada kebuntuan-kebuntuan dan keengganan komunikasi politik antar lembaga negara," ujarnya.

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024