Inilah Anggota DPR RI Tertua

Popong Otje
Sumber :
VIVAnews
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen
- Sidang paripurna pelantikan anggota DPR MPR dan DPD periode 2014-2019 hari ini Rabu 1 Oktober 2014 berlangsung secara khidmat di ruang rapat paripurna I MPR Senayan Jakarta.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Sudah menjadi tradisi pelantikan anggota baru pimpinan sidang paripurna dipimpin oleh pimpinan sementara. Penunjukkan pimpnan sementara sidang ditunjuk berdasarkan usia yang tertua dan termuda.
Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU


Untuk usia tertua tercatat ada dua nama yang memiliki usia cukup lanjut, yaitu Popong Otje Djundjunan (76 tahun) anggota DPR dari fraksi Golkar dan Muddafar Sjah (79 tahun) anggota DPD dari Maluku. Sedangkan untuk usia termuda juga tercatat dua nama yaitu Ade Rizki Pratama (26 tahun) anggota DPR dari fraksi Gerindra dan Riri Damayanti John Latief (24 tahun) anggota DPD dari Bengkulu.


Muddafar Sjah, pria kelahiran Ternate 13 April 1935 ini merupakan seorang Sultan di Ternate. Ia kembali terpilih sebagai anggota DPD perwakilan dari Maluku untuk periode 2014-2019. Periode sebelumnya 2009-2014 ia pernah menjadi anggota DPR dari Komisi X.


Popong Otje Djunjunan, wanita kelahiran Bandung 3 Desember 1938 ini merupakan seorang wanita yang tercatat pernah terpilih menjadi anggota parlemen dalam kurun waktu lima periode. Popong mengatakan bahwa ia mengawali karir sebagai anggota legislatif dari tahun 1987. Namun ia sempat berhenti tahun 1999 dan masuk kembali pada tahun 2009. Kini ia kembali duduk di kursi anggota dewan untuk Komisi X.  


"Ini periode ke-lima saya, dari tahun 1987, namun sempat berhenti tahun 1999 dan kembali masuk tahun 2009 sampai 2014, untuk periode ke depan lihat nanti saja tergantung keputusan anak dan cucu saya," ujar Popong saat ditemui usai sidang.


Sedangkan untuk anggota DPR MPR DPD termuda tercatat nama Ade Rezki Pratama, pria kelahiran Bukittinggi 8 November 1988 ini merupakan anggota DPR termuda periode 2014-2019. Ia terpilih dari partai Gerindra Dapil Sumatera Barat II. Ditemui usai sidang, Ade mengungkapkan kebanggannya ditunjuk sebagai pimpinan rapat sementara sidang paripurna DPR MPR RI.


"Tentunya saya bangga dan terharu, saya berterima kasih sudah diberi kesempatan untuk dapat memimpin sementara sidang paripurna kali ini, sebagai wakil dari kalangan pemuda tentunya diharapkan hal ini dapat menambah motivasi bagi para pemuda lainnya," ujar Ade.


Selain Ade Rezki ada nama lainnya yaitu Riri Damayanti. Riri merupakan anggota termuda DPD periode 2014-2019 perwakilan dari Bengkulu. Wanita cantik dan berhijab kelahiran Bengkulu 4 Februari 1990 ini memiliki usia yang paling muda di parlemen. Ilmu dan gemblengan politik telah diberikan oleh kedua orang tuanya yang merupakan seorang politisi dan pengusaha. Baru setahun lalu Riri menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Psikologi. 


Riri mengungkapkan rasa bangganya mewakili generasi muda khususnya mewakili masyarakat kota Bengkulu. Ia bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat Bengkulu telah memilih dirinya tanpa memandang usianya yang masih sangat belia.


"Saya bersyukur rakyat Bengkulu masih memercayai saya tanpa melihat dari usia saya. Sebagai wakil dari generasi muda saya akan berusaha keras memperjuangkan aspirasi rakyat di Dapilnya dan berkontribusi untuk kepentingan bangsa dan negara,"ujar Riri.


Tercatat ada 560 anggota DPR dari 10 fraksi yang dilantik hari ini, antara lain PDIP 109 orang, Golkar 91 orang, Gerindra 73 orang, Demokrat 61 orang, PAN 49 orang, PKB 47 orang, PKS 40 orang, PPP 39 orang, NasDem 35 orang dan Hanura 16 orang. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya