Sekjen PDIP: Perppu Pilkada Sudah Dibahas SBY dan "Bos"

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengapresiasi sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pemilihan Kepala Daerah. Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo, menyatakan sikap itu menandakan bahwa SBY benar-benar konsisten mendukung pilkada langsung.

"Karena tahun 2004 dan 2009, beliau terpilih dalam pemilihan langsung," ujar Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 1 Oktober 2014.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat terpilih periode 2014-2019 itu mengatakan soal Perppu itu juga sudah dibahas bersama antara "bos" dan Presiden SBY hingga pukul 00.01 WIB dini hari tadi.

Ketika ditanya siapa "bos" yang dimaksud, Tjahjo hanya tersenyum. "Iya (juga bahas Perppu)," ujar Tjahjo ketika ditanya apa dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai Perppu.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, mengatakan rencana pembuatan Perppu itu adalah hak presiden dan sudah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Tanggapan MK

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva, enggan mengomentari rencana pembuatan Perppu yang dilatar belakangi karena disahkannya pilkada melalui Dewan Pimpinan Rakyat Daerah itu.

Menurut Hamdan, substansi dan proses pembuatan Perppu merupakan kewenangan presiden. "Saya tidak boleh mengomentari karena berpotensi diuji di MK," tegas dia. (ren)

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024