Lima Anggota DPR RI Terpilih Gagal Dilantik Hari Ini

Gladi Bersih Pelantikan Anggota MPR DPR DPD
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sekretariat Jenderal DPR RI sudah mendapat surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) perihal penangguhan pelantikan lima anggota DPR RI terpilih yang terjerat kasus hukum. Dengan demikian, kelima calon anggota dewan terpilih itu gagal dilantik hari ini, Rabu, 1 Oktober 2014.

"Saya terima suratnya dari KPU jam 02.00 pagi tadi," kata Sekjen DPR RI, Winantuningtyastiti saat dihubungi.

Win mengatakan, ketetapan penundaan pelantikan berdasarkan surat keputusan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyangkut balasan surat yang dilayangkan oleh KPU untuk meminta penangguhan pelantikan bagi para anggota dewan yang terjerat kasus hukum.

Sebelumnya, KPU telah mengirimkan surat kepada Presiden untuk meminta izin penundaan pelantikan lima calon anggota DPR terpilih, terkait kasus dugaan korupsi. Mereka di antaranya berstatus sebagai tersangka di KPK.

Kelima anggota DPR RI terpilih untuk periode 2014-2019 yang gagal dilantik hari ini yaitu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, Idham Samawi, Herdian Koesnadi, Jimmy Demianus, dan Iqbal Wibisono.

Jero Wacik ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan di Kementerian ESDM. Idham Samawi merupakan tersangka kasus dugaaan korupsi dana bantuan untuk klub sepak bola Persiba Bantul.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Sementara itu, Herdian Koesnadi diduga terkait kasus dugaan korupsi proyek Puskesmas di Dinas Kesehatan Tangerang Selatan.

Hari ini, sebanyak 560 anggota DPR RI periode 2014-2019 terpilih akan dilantik. Mereka akan menggantikan anggota DPR RI periode sebelumnya. Pelantikan anggota dewan ini rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekitar pukul 10.00 WIB. (art)

Band The Titans.

The Titans Pecat Sang Vokalis, Rezcky Purba

Kabar tak sedap datang dari grup band The Titans yang membuat keputusan besar bagi nasibnya di masa depan. The Titans mengumumkan Rezcky Purba telah diberhentikan.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024