Peran DPD Diharapkan Setara DPR

Sidang paripurna DPR Bahas RUU Pilkada
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?
- Anggota Dewan Perwakilan Daerah terpilih Oesman Sapta mengatakan peranan DPD seharusnya setara dengan Dewan Perwakilan Rakyat, karena anggota DPD juga dipilih secara langsung oleh rakyat.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

"Peranan DPD sangat efektif bagi kepentingan daerah di Indonesia," kata Oesman yang terpilih menjadi anggota DPD dari Kalimantan Barat periode 2014-2019 dalam keterangannya, Selasa 30 September 2014.
Iran Berhasil Tangkis Serangan Israel


Oesman mengaku sebagai salah satu pendiri DPD yang dulunya bernama Fraksi Utusan Daerah. Karena alasan sebagai penggagas lembaga perwakilan daerah itu, Oso, sapaan akrabnya, bertekad mengoptimalkan fungsi DPD dalam menjalankan program pembangunan bagi daerah.


Oso menyatakan legitimasi anggota DPD sama halnya dengan DPR yang dipilih rakyat secara langsung.


Saat ini, Oso menyebutkan DPD telah menjalankan program pembangunan daerah secara maksimal namun masyarakat tidak mengetahui hasil kinerjanya karena tidak terpublikasi dengan baik.


"Bagaimana kita ke depan dapat mengekspos melalui media agar masyarakat mengetahui hasil kinerja DPD," ujar Oso.


Dalam sebuah organisasi atau lembaga, Oso menuturkan membutuhkan program 5S yakni Strategi, Struktur, Skill, Sistem dan Speed. "5 S merupakan prinsip dasar untuk memajukan organisasi apapun," ungkap Oso.


Terkait undang-undang yang lebih membatasi kewenangan DPD dibanding DPR, Oso menilai hal itu wajar karena lembaga perwakilan rakyat itu terbentuk lebih dulu.


Oso menambahkan kewenangan DPD bisa bersinergi dengan DPR dalam mengawasi dan membangun daerah.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya