JK: di Jakarta, Ada Orang Digaji Rp1,5 juta dan Rp150 juta

Jusuf Kalla usai mencoblos
Sumber :
  • VIVAnews/Erick Tanjung

VIVAnews - Salah satu tugas berat pemerintahan Jokowi-JK ke depan adalah memperkecil ketimpangan ekonomi antar wilayah. Dimana saat ini, Jakarta menjadi salah satu dari kota di dunia yang memiliki ketimpangan ekonomi terbesar di dunia.

Harvey Moeis Suami Dewi Sandra Jadi Tersangka Korupsi Timah, Langsung Ditahan Kejagung

Wakil Presiden terpilih, Jusuf Kalla mengatakan, Jakarta masuk dalam jajaran kota dengan gap ekonomi terbesar di dunia bersama Manila dan Bombay. Salah satu indikator ekonomi yang timpang adalah pada sektor pendapatan atau gaji.

"Di sini (di Jakarta) ada yang gajinya Rp1,5 juta, ada yang Rp150 jutaan," kata JK di Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa 30 September 2014.

JK menyatakan kondisi ini hanya terjadi di negara berkembang seperti Indonesia. Kondisi ini tidak terjadi di negara maju atau negara dengan sistem ekonomi yang baik seperti Amerika Serikat, dimana ada pembatasan pendapatan.

"Gapnya karena kebijakan pasar yang begitu liberal menjadikan arahnya tidak terkontrol," ujarnya.

Mantan ketua umum Golkar ini mengatakan jurang pemisah ini hanya bisa diatasi melalui dua kebijakan. Dimana keduanya merupakan kekuatan pemerintah. "Pertama anggaran, kedua kebijakan," papar JK.

Menurut JK, semua harus terlaksana dengan baik, karena tanpa penataan yang tepat antara kekuatan anggaran dan kebijakan yang tidak tepat, tidak akan berdampak apapun. "Itu harus tercermin affirmative action dan terlihat efeknya." ucapnya.

Wakil presiden yang terpilih dua kali ini menilai, kondisi ini bisa terjadi karena kesalahan pemerintahan terdahulu. Dimana kebijakan untuk menggunakan anggaran dan menciptakan kemakmuran rakyat tidak tepat.

"Contoh di Jawa lahan pertanian tinggal 0,3 persen. Penghasilan petani di bawah UMR. Mereka terpaksa mengirim anggota keluarga untuk menjadi TKI. Agar tidak menjadi TKI anggota keluarga harus bekerja di Industri. Kita harus siapkan itu," tegasnya. (ita)

Innalillahi, Letnan Jupriadi Mantan Perwira Terbaik Penerbangan TNI AL Meninggal Dunia
Servis sepeda motor di Bale Santai Honda 2024

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

PT Wahana Makmur Sejati sebagai main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, kembali menghadirkan Bale Santai Honda (BSH) 2024 untuk membantu pemudik yang menggunaka

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024