Wantimpres Rekomendasikan Pilkada Langsung ke SBY

Albert Hasibuan dan Presiden SBY
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki
VIVAnews - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Albert Hasibuan, merekomendasikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar pemerintah mendukung pemilihan kepala daerah langsung dalam kisruh RUU Pilkada. Bahkan, lanjut Albert, dia sudah memberikan surat kepada presiden untuk merekomendasikan pilkada langsung.
Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

"Saya senang Pak SBY merespons," kata Albert di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat 19 Setember 2014.
Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Beberapa hari sebelumnya SBY sudah menentukan bahwa dia memilih pilkada langsung. Pernyataan SBY saat itu terkait dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.
Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Sikap SBY itu kini diperkuat dengan rekomendasi dari Wantimpres. "Ya itu, kan SBY sebagai presiden dan partai demokrat tidak bisa dipisahkan," kata dia.

Menurut Albert, pilkada langsung ini adalah penyempurnaan dari proses demokrasi. Tetapi jika memang masih banyak konflik atau politik uang, maka problem itu harus dicarikan solusinya, meski bukan dengan mengembalikan ke pilkada tak langsung.

"Bahwa konflik, biaya, masih bisa disempurnakan. Tetapi pilkada langsung adalah demokrasi yang sebenarnya. Presiden sendiri kan hasil pemilihan langsung, seharusnya semua juga dipilih langsung. Kita lihat pemilihan langsung itu adalah penyempurnaan demokrasi," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya