Mbah Moen Minta Muktamar PPP Dipercepat

Ketum PPP Suryadharma Ali menerima dokumen fatwa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVAnews
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
- Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), KH Maimun Zubair, bersikap atas kisruh di tubuh partai Islam pertama di Indonesia itu. Dia akhirnya turun tangan dan mendesak dua kubu yang kini mengklaim tonggak kepemimpinan partai agar segera islah (damai).

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Keprihatinan tersebut ditunjukkan Kiai terkemuka di Jawa Tengah itu mengingat perseteruan kedua kubu, baik kubu Suryadharma Ali (SDA) dan kubu Romahurmuzi dan Plt Ketua Harian, Emron Pangkapi, tak kunjung usai.
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?


Ulama yang dikenal dengan nama Mbah Moen itu akhirnya turun langsung mengupayakan islah. Pihaknya kini mengutus dua perwakilan dari Rembang, Jawa Tengah, yakni ketua DPC Majid Kamil MZ yang juga menjabat ketua sementara DPRD Rembang dan ketua DPP M Arwani Thomafi ke markas DPP di Jalan Diponegoro, Jakarta.


"Mengingat kondisi fisik yang kurang sehat saya telah mengutus perwakilan dari DPC dan DPP diwakili oleh Arwani Thomafi dan Majid Kamil untuk menemui dua kubu yang sedang berseteru agar segera islah," terang Kiai yang bulan Oktober nanti genap berumur 87 tahun itu.


Menurut Mbah Moen, upaya islah di tubuh petinggi partainya saat ini sangat mungkin dilakukan. Bahkan, jika muktamar bisa dipercepat yakni di awal Januari nanti.


"Kisruh ini bisa dihentikan lewat Muktamar. Untuk itu, kamiĀ  meminta agar DPP PPP segera membentuk kepanitiaan Muktamar. Kalau bisa Muktamar dipercepat, sehari sebelum atau setelah pelantikan presiden terpilih," kata dia.


Menanggapi langkah hukum kubu Emron Pangkapi yang melaporkan Surya Dharma Ali ke Polda Metro Jaya terkait pendudukan kantor DPC PPP, Mbah Moen menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.


Terpisah, utusan Ketua Majelis Syariah, Majid Kamil, membenarkan pihaknya telah berada di Jakarta untuk bertemu kedua belah pihak. Dia akan mendengar pendapat dari kedua belah pihak. Pada pertemuan itu, kubu SDA isyaratkan islah dengan kubu Romahurmuzi dan Plt Ketua Harian, Emron Pangkapi.


"Kami telah bertemu dengan pihak SDA, pada intinya beliau ingin Islah. Tapi, kami belum bertemu dengan pihak Mas Romi," ujarnya. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya