Partai Demokrat Dukung Pilkada Langsung

Hari Kedua Silatnas & HUT ke-11 Partai Demokrat di SICC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
Partai Demokrat rupanya sudah menentukan arah terkait Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu memilih pilkada dilakukan secara langsung.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?

"Ya kita (pilkada) langsung," kata Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin di Istana Negara, Jakarta, 17 September 2014 .
Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini


Meskipun demikian, mereka meminta adanya aturan yang jelas. "Seperti apa yang diucapkan SBY di Youtube, perlu diletakkan rambu-rambu untuk cegah ekses-ekses negatif dari pilkada langsung," ujarnya. Ekses negatif itu, antara lain, politik uang, gesekan antar warga, dan konflik horizontal.


Amir berpendapat masalah RUU Pilkada itu biar menjadi pembahasan di DPR. Namun, yang jelas sikap Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sudah jelas.


Sebagaimana diketahui, SBY tak ingin terjebak dalam polemik RUU Pilkada yang tercipta antara kedua kubu di parlemen. Menurutnya, Partai Demokrat selalu melihat dua aspek penting yaitu jika pilkada langsung rakyat sudah terbiasa karena sudah berjalan selama 10 tahun ini.


Selain itu, pilkada langsung juga segaris dengan sistem presidensial di mana presiden dipilih langsung oleh rakyat. Berbeda dengan sistem parlementer yang presiden atau perdana menterinya dipilih di parlemen, karena parlemen adalah pilihan dan mewakili rakyat. (ita)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya