Jokowi Disarankan Isi Posisi Menkominfo Berlatar Jurnalis

Jokowi-JK-Bertemu-Petinggi-Partai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVAnews - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Boni Hargens, berharap Presiden terpilih Joko Widodo mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika orang yang berlatarbelakang jurnalis.

"Dari awal saya sudah bilang Pak Jokowi bahwa kita tidak akan campur soal nama, akan tetapi kalau posisi saya sebagai Pak Jokowi tentu saya akan mengambil orang yang sudah terbukti melakukan perubahan di institusinya untuk memegang Kominfo ini," kata Boni dalam keterangan pers yang diterima VIVAnews, Selasa 16 September 2014.

Joko Widodo belum mengumumkan nama- nama pembantunya yang akan duduk dalam kabinet. Namun sudah muncul beberapa nama potensial berdasarkan hasil penelusuran lembaga survei di antaranya, Narliswandi, Agung Adiprasetyo, Dyah Kartika Rini Djoemadi, Suryopratomo, dan Syaiful Hadi serta Niken Widhiastuti.

Boni menilai nama-nama tersebut sangat layak untuk menjabat Menkominfo. Namun, dia punya penilaian tersendiri terhadap sosok Niken. Kata Boni, Direktur Utama LPP RRI sekaligus Presiden Asia Pacific Institute For Broadcasting Development (AIBD) itu punya kapabilitas lebih untuk menggantikan Tifatul Sembiring.

Sementara itu, pendiri Indonesian Research & Survey (IReS) Usamah Hisyam menilai nama Niken sangat terbuka dimasukkan dalam kabinet Jokowi-JK sepanjang benar-benar mau melaksanakan visi misi dan program kerja yang telah dicanangkan oleh Jokowi.

"Beliau adalah salah satu tokoh muda perempuan di Indonesia. Dengan jabatan Dirut RRI ini yang memang pantas juga untuk dipertimbangkan," tutur Usamah.

190 nama
IReS merilis 190 nama bakal calon menteri hasil survei yang dilakukan di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Semua nama yang masuk dalam survei ini memiliki beberapa kriteria penting yang menjadi fokus Presiden terpilih, Joko Widodo, terutama sense of crisis.

Heboh Ibu di Maros Aniaya Bayinya Sambil Direkam, Diduga Kesal karena Suami Pergi

Nama-nama dari masing-masing kementerian postur kabinet ini merupakan masukan dari tokoh kunci yang berada di lingkaran Jokowi.

Dari lima nama tersebut, survei memilih satu nama terbaik dengan persentase tertinggi pada setiap kementeriannya. "Yang ranking satu sangat mungkin tidak terpilih. Bakal terjadi perubahan dan pergeseran. Karena itu adalah hak prerogatif presiden terpilih Jokowi," kata Usamah.

Dengan mengumumkan bakal calon menteri hasil survei IReS ini, Usamah menyampaikan pesan Jokowi bahwa dari nama-nama yang muncul harus dicermati oleh masyarakat. "Sehingga ada masukan terbuka kepada presiden terpilih sebelum dilantik," katanya.

Survei sendiri menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 4 persen. Survei ini disebarkan pada 21 Agustus hingga 3 September.

Sampling survei ini dilakukan terhadap 600 orang yang terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat, akademisi, dosen, birokrat minimal tingkat eselon 4, tokoh LSM, anggota DPRD, purnawirawan, pengusaha dan pemuka agama di 33 provinsi seluruh Indonesia.

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU
Putri Isnari atau Putri DA

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis

Acara akad nikah Putri Isnari dan Abdul Aziz digelar di di Balikpapan Sport and Convention Center, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024