Hadapi 17 Pilkada, Bawaslu Jateng Ganti 25.000 Panwaslu

Pencetakan Surat Suara Pilpres 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dalam rangka menghadapi 17 Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah tahun 2015, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah mengganti sebanyak 25 ribu Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Penggantian 25 ribu Panwaslu tersebut karena kepengurusan seluruh Pengawas Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 akan berakhir di bulan Desember ini.

Ketua Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo, mengatakan, pemilihan Panwaslu yang baru langsung dilakukan menyusul habisnya masa kepengurusan Panwaslu di 35 kabupaten kota di Jateng.

Adapun tahapan pembentukan pengawas Pemilu yang baru itu rencananya sudah dimulai pada bulan September 2014.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

"Kami akan memilih pengawas pemilu yang memiliki kualifikasi terbaik," kata dia di sela-sela rapat koordinasi evaluasi Pemilu 2014, di Hotel Patrajasa Semarang, Selasa, 2 September 2014.

Kata Teguh, perekrutan Panwaslu yang baru itu untuk menghadapi 17 Pilkada yang akan berlangsung di Jateng pada 2015 mendatang. Adapun 17 Pilkada yang akan digelar pada tahun 2015 mendatang antara lain, Semarang, Rembang, Kebumen, Purbalingga, Surakarta, Boyolali, Pekalongan, Blora, Kendal, Magelang, Sukoharjo, Semarang, Purworejo, Wonosobo, Wonogiri, Klaten, dan Pemalang

Teguh berharap, pengawas yang memiliki kualifikasi dan integritas tinggilah yang terpilih. Sebab, tantangan di 17 Pilkada Jateng akan sangat tinggi pula.

"Kami harap pengawas yang baru nanti dapat mengawasi secara baik beragam persoalan pemilu. Mengawasi pemilu, bukan mengamankan pemilu," ucapnya.

Sesuai UU nomor 15 tahun 2011, persyaratan pengawas pemilu berlaku bagi setiap warga yang harus sudah berusia 35 tahun dan minimal pendidikannya sarjana (strata 1). Untuk anggarannya menggunakan biaya di masing-masing daerah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Joko Purnomo, mengatakan akan berkoordinasi anggota KPUD dari 17 daerah tersebut, untuk membantu menyiapkan penyelenggaraan Pilkada di tahun 2015 mendatang.

Ia mengimbau,penyelenggara untuk memulai menyiapkan draf regulasi mengenai tahapan Pilkada, mekanisme pembentukan penyelenggara, regulasi soal daftar pemilih tetap (DPT), regulasi soal pencalonan, dan sebagainya.

"Dalam penyusunan regulasi ini saya harapkan KPU kabupaten/kota melibatkan pihak-pihak lain, baik pakar maupun praktisi," ucap mantan Ketua KPU Wonogiri itu.

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024