DPR Gelar Perayaan HUT AIPA ke-37

AIPA Gelar Perayaan Ulang Tahun ke-37
Sumber :
VIVAnews
Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti
– Tepat hari ini ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) berulang tahun ke-37 tahun. Bertempat di lobby Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa 2 September 2014 diadakan acara peringatan ulang tahun forum antara negara di ASEAN tersebut.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Jenderal AIPA PO Ram, Wakil Ketua DPR Pramono Anung, dan Ketua BKSAP Surahman Hidayat. Turut hadir pula Sekjen DPR Winantuningtyastiti beserta jajaran, perwakilan dari negara anggota AIPA, serta ambassador dari negara-negara observer.
Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali


Usai acara, Pramono mengatakan kehadiran AIPA sangat mewarnai kegiatan Parlemen Indonesia. Mengingat Sekretariat AIPA ada di Jakarta, ditambah Sekretariat ASEAN juga ada di Jakarta, sehingga kebanyakan kegiatan dilakukan di Indonesia.


“Selama lima tahun ini, ASEAN region tumbuh secara ekonomi menjadi lebih kuat, maka dunia melihat bahwa ASEAN menjadi alternatif kekuatan ekonomi dunia yang baru,” ujar Pramono.


Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, Indonesia mempunyai peran yang signifikan dan strategis. Jika pertumbuhan ekonomi dapat dijaga pada rata-rata 5 persen, ASEAN bisa menjadi kekuatan yang luar biasa.


“Ada Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lainnya, mudah-mudahan hal ini dapat menunjukkan kepada dunia, selain ekonomi tumbuh, ASEAN juga menjadi tempat politik yang stabil. Ini keuntungan bagi kita,” imbuh Pram, sapaan akrab Pramono.


Di umur yang sudah menginjak 37 tahun ini, Pramono berharap AIPA bisa berperan lebih besar di tahun-tahun mendatang. Apalagi, tahun mendatang sudah menjadi ASEAN Community, sehingga batas-batas di negara-negara ASEAN semakin mengecil. Ia juga berharap, peran Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar, dapat meningkatkan perannya.


Sementara, Sekjen AIPA PO Ram menyatakan bahwa ini merupakan kesempatan pertama menyelenggarakan perayaan ulang tahun. Dalam pidatonya, ia menyatakan terima kasih kepada seluruh perwakilan anggota AIPA yang telah membantu memberikan informasi dan kontak dengan Parlemen.


“Kami berharap, diwaktu mendatang, negara anggota dan seluruh masyarakat ASEAN semakin memahami peran AIPA. Kami juga akan terus menyerukan pesan kesetaraan gender, demokrasi dan hak asasi manusia,” ujar Ram.


Acara berjalan dengan meriah. Sebelum acara dimulai, para undangan yang hadir diajak untuk melakukan tour building di Gedung Nusantara, dan diakhiri dengan pemotongan kue. Turut meramaikan acara, tampil para penari membawakan salah tarian tradisional Indonesia. (www.dpr.go.id)


(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya