Kunjungan Spesifik Komisi IV dengan Nelayan Pariaman

Kunjungan Spesifik Komisi IV dengan Nelayan Pariaman
Sumber :
VIVAnews
Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia
- Komisi IV DPR RI akan mendorong keberhasilan program pemerintah yang dinilai berorientasi meningkatkan kesejahteraan nelayan. Sejumlah produk legislasi yang telah disahkan menunjukkan perhatian dan keberpihakan pada nelayan.

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

"Kita sudah melahirkan UU Perikanan, UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Ini melandasi niat dari kita secepat mungkin melepaskan nelayan dari kesengsaraannya. Melepas nelayan dari ketiadaan dermaga dan kesulitan lain," kata Ketua Tim Kunjungan Spesifik Komisi IV, Herman Khaeron saat berdialog dengan para nelayan di Pariaman, Sumbar, Kamis 28 Agustus 2014.
Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi


Ia juga memberikan apresiasi kepada nelayan Pariaman yang telah berperan aktif dalam proses konservasi dan penataan lingkungan yang dilakukan pemkot di sekitar wilayah pesisir. Bagi Wakil Ketua Komisi IV ini langkah itu menunjukkan pemkot dan nelayan memiliki kepedulian.


Bicara pada kesempatan yang sama anggota Komisi IV dari FPKS Hermanto menyambut program Pemkot Pariaman yang telah berhasil melakukan pendataan nelayan. Dengan pendataan tersebut berhasil dibuat sejumlah program diantaranya perlindungan asuransi bagi nelayan.


"DPR terus konsisten mendukung program memperkuat ekonomi nelayan. Kami juga memberikan apresiasi kepada pemkot yang telah merancang asuransi bagi seribu lebih nelayan di sini. Kita berharap para nelayan dapat konsisten, jangan menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan," ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumbar I ini. Bersama Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, ia secara simbolis menyerahkan kartu asuransi bagi para nelayan.


Sementara itu dalam kesempatan dialog, Buyuang Azwar nelayan Taluak, Pariaman meminta DPR tetap mendukung pemberian subsidi BBM bagi neyalan. Walaupun bekerja dengan peralatan yang sederhana dan penghasilan pas-pasan, ia tetap berkomitmen untuk meneruskan profesinya sebagai pelaut. "Kami senang Bapak dari Komisi IV menengok kami ke sini, walaupun penghasilan pas-pasan kami tetap bangga menjadi nelayan Pariaman," ungkapnya.


Afrizal nelayan dari Pariaman Utara meminta Komisi IV membantu terwujudnya dermaga di pelabuhan Pariaman. Selama ini ia bersama rekan-rekan harus bersusah payah mendorong kapal agar dapat keluar masuk dari laut ke muara sungai atau sebaliknya. Masalah lain yang juga diusulkannya adalah bantuan rumah layak huni bagi para nelayan. (www.dpr.go.id)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya