CSIS: Kepala Daerah Bisa Jadi Menteri Kabinet Jokowi

Jokowi-JK-Bertemu-Petinggi-Partai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna

VIVAnews - Peneliti senior Centre for Strategic of International Studies (CSIS) J. Kristiadi, mengatakan, beban lanjutan dari presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah pada realisasi janji-janji.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

Menurut dia, presiden dan wapres terpilih harus mampu mewujudkan seluruh janji politiknya yang disampaikan pada masyarakat ketika kampanye.

“Itu yang selalu menjadi bagian penting dari jalannya pemerintahan. Terwujudnya janji politik seperti yang disampaikan presiden terpilih. Kabinet yang dirancang Jokowi-JK itu kan kabinet kerja. Jadi, menterinya pun harus orang yang memang bekerja,” ujar Kristiadi di kantor CSIS, Jakarta, Rabu 27 Agustus 2014 malam.

Salah satu kriteria yang mampu bekerja dan bisa masuk dalam kabinet, menurut Kristiadi, adalah para kepala daerah. Kepala daerah yang dipilih sebagai menteri, dia menjelaskan, harus memiliki kemampuan yang cukup dan mampu belajar secara cepat.

Prestasi para kepala daerah, Kristiadi menambahkan, dapat diukur dari sejauh mana mereka berhasil membangun. Kristiadi mengatakan, banyak lompatan yang dilakukan oleh para kepala daerah untuk percepatan pertumbuhan di daerah yang dipimpinnya.

Beberapa kepala daerah yang dianggap berhasil oleh Kristiadi antara lain Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil. Menurut dia, Kang Emil dianggap berhasil melakukan penataan kawasan ekonomi.

Selanjutnya, Bupati Kudus, Musthofa, dengan prestasi yang tak kalah hebat. Ia, menurut Kristiadi, berhasil mengelola PKL dengan membuka balai latihan kerja bagi warga, memberikan layanan kesehatan prima, dan memberdayakan usaha mikro serta pendidikan yang memadai.

Kemudian, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang berhasil membersihkan kota Surabaya dari sampah, sekaligus mengelola kawasan hijau. Nama Wali Kota Bogor, Bima Arya, menurut Kristiadi, juga melakukan banyak perubahan kebijakan dan penataan birokrasi. (art)

Zodiak

Ramalan Zodiak Jumat 12 April 2024: Leo Mungkin Bertengkar dengan Pasangan

Ramalan zodiak Jumat, 12 April 2024. Leo mungkin bertengkar dengan pasangan. Hati-hati dengan reputasi kamu Aquarius. Pisces, hindari pikiran negatif.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024