Harapan Puan Maharani pada Pemerintahan Baru

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews - Ketua Badan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan, Puan Maharani berharap presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla mendapat dukungan kuat di eksekutif dan legislatif.
5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Puan juga menitip pesan agar nilai-nilai Pancasila menjadi landasan pemerintahan Joko Widodo-JK.
Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

"Kami berharap bahwa pemerintah yang akan datang akan didukung dan dibantu oleh sinergi yang kuat antara eksekutif dan legislatif dalam mengawal program-program presiden dan wakil presiden terpilih," kata Puan di Jakarta, Jumat 22 Agustus 2014.
Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Saat Pilpres, pasangan Joko Widodo-JK didukung oleh empat parpol, yakni PDI Perjuangan (18,95 persen suara pemilu legislatif, 109 kursi DPR), Partai Nasdem (6,72 persen, 35 kursi DPR), Partai Kebangkitan Bangsa (9,04 persen, 47 kursi DPR), dan Partai Hanura (5,26 persen, 16 kursi DPR). Jika dijumlah, pasangan tersebut memperoleh dukungan 39,97 persen suara atau 207 kursi DPR.

Puan juga menyampaikan harapannya agar Joko Widodo-JK mendapat dukungan di parlemen. Dia menyebut, secara informal PDIP tetap melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan parpol lain.

Sebab, PDIP ingin menciptakan sistem presidensial yang bersinergi. Puan menegaskan, PDIP terbuka menerima kekuatan baru yang ingin merapat.

Presiden Terpilih Joko Widodo menyebut ada dua partai yang kemungkinan besar segera merapat ke kubunya. Dua partai itu adalah Partai Demokrat dan PAN.

"Nih saya ngomong apa adanya. Kemungkinan PAN dan Demokrat akan merapat. Itu kemungkinan," kata Joko di Balai Kota Jakarta, Selasa, 19 Agustus 2014. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya