Ketua DKPP: Pilpres 2014 Sudah Berakhir

Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
VIVAnews - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie menegaskan sengketa Pemilihan Presiden 2014 selesai dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi. Terlepas dari ada pihak yang puas dan tidak.
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

"Dengan keluarnya putusan MK, kemarin, ini berarti semua proses hukum terkait Pilpres sudah berakhir. Tidak dapat diganggu gugat," kata Jimly kepada VIVAnews, Jumat 22 Agustus 2014.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Mantan Ketua MK ini meminta semua pihak untuk menerima hasil yang ada. Kalaupun masih ada persaingan, dia mempersilakan itu dilakukan di arena lain.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

"Saya berpendapat Pilpres 2014 ini sukses. Sukses bagi kita semua, baik partai pengusung calon maupun rakyat sebagai pemilih. Be positive!" ujarnya.

Selain itu, Jimly menilai Pilpres 2014 merupakan pengalaman paling berharga bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya, ada dua pasangan calon yang bertarung. Kondisi ini kemungkinan besar tidak akan terulang pada Pemilu 2019 yang digelar secara serentak.

"Masing-masing partai politik akan mengajukan calonnya sendiri. Jadi, munculnya dua pasangan calon ini bisa jadi yang pertama dan terakhir di negeri ini. Dan saya sangat bersyukur, semua diakhiri dengan baik," terangnya.

Oleh karena itu, Jimly berharap semua pihak memberi ucapan selamat kepada presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla. Menurutnya, ucapan selamat itu sesuatu yang serius dan menunjukkan kenegarawanan seseorang.

"Kita sudah punya presiden baru yang bakal dilantik 20 Oktober nanti. Kita harus ucapkan selamat. Dua bulan yang ada ini kita manfaatkan untuk healing process, untuk rekonsiliasi," ucapnya. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya