Cara Paspampres Amankan Jokowi Saat Blusukan

Paspampres saat menjalani latihan.
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews -
Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tidak khawatir dengan kebiasaan blusukan calon presiden terpilih Joko Widodo. Mereka sudah memiliki strategi dan pengalaman sehingga akan cepat menyesuaikan diri.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Kami punya pengalaman beberapa presiden. Kami ingat dulu Bapak Gus Dur, Habibie, kami menyesuaikan dan adaptasi dengan kegiatan tersebut," kata Asisten Operasi Komandan Paspampres Kolonel A Budi Handoyo di kantor KPU, Jakarta, Jumat 22 Agustus 2014.
Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya


Budi mengatakan Paspampres juga tidak sendirian dalam bekerja untuk mengawal Jokowi dan JK. Mereka tetap bekerjasama dengan pihak kepolisian dan unsur TNI lainnya.


"Kami tidak sendiri. Kami berintegrasi dengan unsur TNI lainnya dan Polri juga. Kan ada ring 1, ring 2 dan ring 3," ujar Budi.


Budi melanjutkan, pada dasarnya kerja Paspampres sesuai dengan SOP dan mereka akan fleksibel. Namun, di manapun berada dan dalam kegiatan apapun, semua personel tetap melaksanakan keamanan maksimal dan nyaman.


"Seperti kami lakukan dengan kegiatan yang lebih tinggi. Contoh kemarin APEC, itu
maximum security
, tapi nyaman," jelasnya.


Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Laksma Darmanto menambahkan prinsip pengawalan terhadap presiden adalah jika melakukan kegiatan, nanti ada saran-saran yang akan diberikan. Sejauh mana keamanan itu yang akan dilakukan Paspampres.


"Kalau tidak aman, tugas kami semakin berat. Oleh karena itu kami sampaikan, 'Pak, Bapak ke sini, aman'. Kalau
nggak
aman itu tugas Paspampres untuk menyampaikan dengan pelaksananya itu," tuturnya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya