Jokowi Klaim Didukung Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf Membantah

Anggota Fraksi Partai Demokrat di DPR, Nurhayati Ali Assegaf
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan tidak ada pembahasan di Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat untuk berkoalisi dengan kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Nurhayati justru mempertanyakan klaim Joko Widodo yang menyebut Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional kemungkinan bergabung dengan mereka.

"Tolong tanyakan ke Pak Jokowi, saya nggak tahu dari mana sumbernya, silakan tanya. Tidak ada pembahasan di DPP," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 21 Agustus 2014.

Menurut Nurhayati, posisi partainya hingga saat ini masih sebagai penyeimbang. Dengan begitu, Partai Demokrat bisa mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintahan yang tidak pro rakyat.

"Kami memerintah 10 tahun, jadi tidak perlu khawatir (kalau Demokrat jadi oposisi)," kata Ketua Fraksi Demokrat itu.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Pramono Anung menyatakan akan ada satu hingga dua partai yang akan bergabung dengan koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla paska pengumuman Mahkamah Konstitusi pada 21 Agustus 2014.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu mengakui sudah ada pembicaraan dengan calon mitra koalisi baru itu. Namun, dia enggan mengungkapkan partai apa saja yang sudah melakukan pendekatan intensif dengan Jokowi.

Jokowi sebut partai

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Bahkan, Jokowi blak-blakan menyebut nama dua partai itu. "Nih saya ngomong apa adanya. Kemungkinan PAN dan Demokrat akan merapat. Itu kemungkinan," kata Jokowi di Balai Kota Jakarta, Selasa 19 Agustus 2014.

Jokowi berharap bergabungnya dua partai menjadikan semua program-programnya yang dituangkan dalam visi misi pada saat kampanye bisa terakomodir seluruhnya.

Dengan bertambahnya dukungan dari partai-partai di parlemen, maka tidak terlalu banyak yang menolak semua program-program yang akan dijalankan oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024