DPR: Opini Disclaimer Kemenparekraf Harus Disikapi Serius

Utut Adianto (PDIP) bantu perlengkapan olahraga
Sumber :
  • Antara/ R Sukendi

VIVAnews - Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan terhadap Laporan Keuangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2013 mendapat opini disclaimer . Opini ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2012, yang masih mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Komisi X meminta Kemenparekraf menyikapi hal ini dengan serius.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

“Komisi X mendesak DPR untuk melakukan perbaikan agar opini hasil pemeriksaan BPK menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun-tahun mendatang,” jelas Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto saat membacakan hasil rapat, di ruang rapat Komisi X, Gedung Nusantara I, Rabu 20 Agustus 2014.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, faktor yang membuat Kemenparekraf mendapat opini disclaimer karena masih ada permasalahan administrasi yang belum diselesaikan.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

“Bidang pendidikan dan kebudayaan sekarang ditarik ke Kemendikbud, sehingga ada barang milik negara yang administrasinya harus diperbaiki, yang nilainya mencapai Rp86 miliar, itu sebabnya mendapat disclamer. Saya yakin, persoalan ini masih bisa untuk diperbaiki,” imbuh Utut.

Justru, tambah Utut, yang perlu mendapat perhatian adalah serapan anggaran yang hanya 83 persen. Sebelumnya, Menparekraf Mari Elka Pangestu memaparkan, realisasi belanja Kemenparegraf RI TA 2013 hanya Rp1,6 triliun atau 83,81 persen dari pagu APBN TA 2013 sebesar Rp1,9 triliun.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

“Ini yang ke depan harus diperhatikan dengan serius. Karena itu Komisi X DPR RI mendorong Kemenparegraf RI untuk lebih meningkatkan kinerjanya agar realisasi belanja tahun 2014 lebih optimal dengan tetap memperhatikan efisiensi, ketetapan sasaran, dan mencapai target yang telah ditetapkan,” tutup Utut. (www.dpr.go.id)

TIm Voli Jakarta Livin Mandiri

Siap Bersaing, Jakarta Livin Mandiri Umumkan Daftar Pemain Tim Putri di Proliga 2024

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024