Jubir Jokowi: Kecil Kemungkinan Gugatan Prabowo Dikabulkan

Poempida Hidayatulloh
Sumber :
  • www.poempida.com
VIVAnews - Kubu presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla mengaku tidak melakukan persiapan khusus dalam menghadapi gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Mahkamah Konstitusi.
Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Juru bicara Jokowi-JK, Poempida Hidayatulloh memperkirakan gugatan Prabowo-Hatta tipis kemungkinannya akan dikabulkan MK. Hal ini berkaca dari pengalaman dia sebagai juru bicara JK ketika berpasangan dengan Wiranto saat Pilpres 2009 lalu. Kalau pun diterima, imbuh dia, maka MK malah melegitimasi hasil hitung cepat yang selama ini telah mengukuhkan Jokowi-JK sebagai pemenang.
Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

"Selama ini kan yang dipermasalahkan oleh kubu Prabowo hanya 2,7 juta suara itu. Sementara selisih suara antara kedua kubu mencapai 8 juta. Artinya, jika MK mengabulkan gugatan Prabowo, maka sisa selisih suara kedua kubu berjumlah 6 juta. Sama nggak itu dengan hasil quick count kemarin?" kata Poempida di kediamannya, hari ini.
Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jika kubu Prabowo ingin gugatannya dikabulkan, maka tuduhannya itu harus membuktikan adanya kecurangan yang masif, sistematis, dan terstruktur. Menurut dia, itulah penyebab kubu JK-Wiranto dan Megawati-Prabowo kala itu tidak memenangkan gugatan di MK, walau telah menunjukkan berbagai bukti.

"Padahal jumlah suara yang dipermasalahkan oleh PDIP mencapai 20 juta suara. Tapi, tetap tidak menang," kata dia.

Selain itu, jika MK mengabulkan gugatan Prabowo, nama Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pemilu pun tercoreng.

Kubu Prabowo-Hatta, secara resmi mengajukan gugatan kepada KPU ke MK terkait hasil Pilpres yang memenangkan Jokowi-JK itu. Mereka menyebut telah terjadi kecurangan saat proses pencoblosan dan penghitungan suara ketika Pilpres tanggal 9 Juli lalu digelar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya