Jepang Dukung Indonesia Kembangkan Sumber Daya Energi

Jepang Dukung Indonesia Kembangkan Sumber Daya Energi
Sumber :
VIVAnews
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
- Anggota Parlemen Jepang mendukung Indonesia dalam mengembangkan sumber daya energi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jepang mengakui, Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya energi, salah satunya sumber energi geothermal (panas bumi).

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Hal ini terungkap saat pertemuan antara Wakil Ketua DPR RI Sohibul Iman dengan Komisi Anggaran Parlemen Jepang yang diketuai oleh Toshihiro Nikai. Dalam kesempatan ini, Sohibul didampingi segenap jajaran Pimpinan dan Anggota Badan Anggaran DPR RI.
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik


“Jepang melihat Indonesia memiliki potensi geothermal yang tinggi, karena itu mereka meminta untuk dikembangkan secara baik. Bahkan, Jepang siap membantu dan mendukung Indonesia mengembangkan geothermal,” kata Sohibul usai pertemuan, di Ruang Rapat Pimpinan DPR, Gedung Nusantara III, Kamis 24 Juli 2014.


Selain itu, Jepang melihat sumber daya energi lain yang bisa dikembangkan, yaitu bahan bakar kayu. Apalagi, Universitas Kyoto Jepang juga sudah mengembangkan teknologi bahan bakar kayu untuk pembangkit tenaga listrik.


“Jepang melihat Indonesia mempunyai sumber energi yang lain, misalnya sumber daya kayu. Universitas Kyoto sudah mengembangkan teknologi dengan menggunakan bahan bakar kayu untuk membangkitkan tenaga listrik. Indonesia memiliki beragam sumber daya energi, sehingga mereka menginginkan Indonesia dapat mengembangkan potensi itu,” imbuh politisi PKS ini.


Dalam kesempatan ini juga disinggung tentang hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang. Sohibul mengakui, investasi Jepang di ASEAN, Indonesia merupakan lokasi investasi Jepang yang terbesar. Walaupun, masih kalah besar jika dibandingkan investasi Jepang di Tiongkok ataupun Amerika.


“Dengan mereka menganggap Indonesia sebagai negara yang penting, kita harapkan Jepang semakin meningkatkan investasi mereka. Kita juga berharap dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam beragam bidang. Apalagi, Jepang mengatakan Indonesia memiliki peran penting bagi Jepang, dalam meningkatkan perkembangan di Kawasan ASEAN," ujarnya.(
)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya