Sportifitas Menjadi Kunci Demokrasi

Siswono Yudo Husodo
Sumber :
VIVAnews
Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif
- Sportifitas menjadi kunci proses demokrasi agar saat proses demokrasi tidak terjadi perpecahan. Indonesia sendiri harus bisa menerapkan sportifitas dalam pesta demokrasi, mengingat proses demokratisasi di negara berkembang lainnya masih belum berjalan baik.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Saat pemilu presiden 2014 di Indonesia anggota Komisi IV, Siswono menilai diselenggarakan dengan baik.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

"Sulit dimengerti kalau ada yang menolak hasilnya. Keberhasilan itu, diharapkan menjadi model dari proses demokratisasi di negara - negara berkembang. Apalagi yang tadinya sangat sentralistik, di tengah kita menyaksikan pilpres di Afghanistan yang berlarut-larut, di Thailand harus junta militer, kita harus bisa mejadi contoh, kalau semuanya sprotif, hasil dari pileg ini," kata Siswono Yudho Husodo, diruang BK Nusantara II, Gedung DPR RI, Kamis 24 Juli 2014.


Siswono menekankan bahwa pelaksanan sportifitas itu penting dalam demokrasi yang sehat. Kalah dan menang dalam proses pemilihan baik pilpres, pileg dan pilkada adalah hal yang biasa.


"Pilpres kita sudah selesai, kita harap yang menang juga tidak mabuk kemenangan, yang kalah menghormati yang menang," tambah Siswono.

Indonesia sudah beberapa kali melaksanakan pemilu dan pemilu presiden pada tahun ini di nilai menjadi pemilu terbaik.


"Saya telah mengikuti pemilihan umum praktis sejak tahun 71 dan mengikuti banyak sekali pilkada. Jujur, saya harus mengakatakan pilpres yang lalu adalah pilpres terbaik di tanah air kita," ujarnya.


Siswono menambahkan mengapa dirinya menilai pemilu pada tahun ini menjadi pemilu terbaik, karena auntusiasme masyarakat tinggi mencapai 72 persen. Dalam bentuk relawan - relawan dalam kedua kubu. Mengingat pada tahun ini, Indonesia hanya memiliki dua kandidat.


Transparasi juga menjadi tolak ukur Siswono dalam menilai pemilu pada tahun ini terbaik. Transparasi tersebut terlihat dari cara KPU selalu mengungah data dengan cepat agar masyarakat dapat mengetahuinya.


"Transparansi sangat tinggi, hasil C1 langsung diunggah ke situs kpu dan dapat diakses masyarakat, serta
," tambah Siswono.


Hasil hitungan secara berbenjang di PPS, PPK, KPUD, provinsi dan nasional secara terbuka juga telah diikuti oleh masyarakat. Tidak hanya Siswono yang menilai baik pilprea tahun ini, ia juga mengatakan bahwa pengamat luar menilai proses demokrasi di Indonesia pada tahun ini baik. (deanisa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya