Presiden Terpilih adalah Presiden Kita

Mantan Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVAnews
Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah
- Ketua DPR RI Marzuki Alie mengimbau segenap potensi bangsa untuk dapat berbesar hati menerima hasil Pemilu Presiden 2014. Ia mengakui bisa saja ada yang merasa kecewa dengan hasil pemilu karena kandidat yang didukungnya tidak terpilih namun atas nama demokrasi lebih baik fokus ke depan, pada tujuan bangsa.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

"Kita boleh beda pilihan, berbeda sikap, itulah demokrasi. Namun manakala sudah selesai dan sudah ada yang terpilih kita harusnya kembali bersatu, yang paling penting bagaimana lima tahun kedepan presiden terpilih bisa membawa Indonesia ke arah lebih baik. Apapun hasilnya, presiden terpilih adalah presiden kita," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 23 Juli 2014.
Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan


Ia juga menyampaikan rasa syukur karena pemilu berjalan aman dan damai. Pada saat kampanye tensi memang terasa tinggi, persaingan kandidat dan tim sukses terlihat keras. Namun seluruh proses masih berjalan sesuai koridor terbukti tidak ada konflik horizontal yang terjadi. Baginya ini menunjukkan masyarakat sudah lebih paham bagaimana memaknai nilai-nilai demokrasi.


Pada bagian lain ia berharap presiden terpilih bersama seluruh pendukungnya agar bijaksana dalam merayakan kemenangan. Bagaimanapun kontestasi antara dua kandidat telah membuat anak bangsa saling berhadap-hadapan dalam dua kelompok besar pemikiran yang berbeda.


"Yang menang tidak perlu euforia berlebihan, seolah keberhasilan ini segalanya. Dalam kontestasi dimana 2 kandidat berhadap-hadapan dan perolehan suara hampir sama, akan ada pihak yang merasa disakiti kalau dirayakan berlebihan. Jadi yang menang harus menimbang perasaan yang kalah, yang kalah saatnya mendukung yang menang," tutur Marzuki yang dalam Pilpres lalu berada dalam barisan Koalisi Merah Putih.


Politisi Fraksi Partai Demokrat ini menggarisbawahi koalisi yang belum berhasil dalam pilpres dapat menjadi kekuatan penyeimbang pemerintah. Namun itu bukan berarti selama lima tahun akan terus berbeda, program kerakyatan yang tujuannya membesarkan bangsa menurutnya tentu harus didukung. (
)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya