Bawaslu Persiapkan Paspampres bagi Presiden Terpilih

Komisioner Bawaslu Nelson Simanjuntak
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah melakukan rapat dengan Mabes Polri terkait persiapan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk presiden terpilih ketika sudah ditetapkan oleh KPU.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

"Tadi rapat jam 10.00 WIB. Memang di Undang-Undang Pemilu tidak diatur. Tapi di undang-undang, terkait pengamanan calon kepala negara, begitu ditetapkan, pasangan calon itu harus disediakan Paspampres untuk diberikan pengawalan setelah dilantik," kata anggota Bawaslu Nelson Simanjuntak di Jakarta, Rabu, 23 Juli 2014.

Bawaslu juga telah merekomendasikan KPU untuk segera menyurati Mabes Polri setelah adanya penetapan presiden terpilih. Adapun, pembentukan Paspampres tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Bawaslu. 

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

"Kita belum pernah mengalami, ini pertama kali. Pada 1999 belum mengenal penyerahan, belum pemilihan langsung presiden. 2004 itu tidak diatur, 2009 presiden terpilih lagi jadi masih sama. Dan sekarang, yang terpilih masih diamankan oleh Polri, tinggal bagaimana mekanisme pergantian itu dari Polri ke Paspampres," tuturnya. (art)

Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024