Kubu Prabowo: Kami Tidak Akui Hasil Rekapitulasi KPU

Jokowi - JK Presiden dan Wakil Presiden Terpilih
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa masih belum menerima hasil rekapitulasi Pemilihan Presiden oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Tim Perjuangan Koalisi Merah Putih Untuk Keadilan, Tantowi Yahya, di Rumah Polonia, Jakarta, Selasa malam 22 Juli 2014.

"Kami menemukan ada enam modus kejanggalan dalam proses pilpres ini. Oleh karena itu, kami mengambil sikap pasti, sebagai mana disaksikan tadi, capres Prabowo menarik diri dari proses rekapitulasi. Maka dengan itu kami tidak bertanggung jawab atas hasil itu (rekapitulasi KPU) dan tidak mengakui hasil rekapitulasi tersebut," ujar Tantowi.

Tantowi menuturkan, pihaknya taat hukum sesuai undang-undang. Menurut dia, pilpres kali ini diselenggarakan dalam koridor tidak jujur, tidak adil, tidak independen, dan ada tekanan. Atas dasar itu, maka pihaknya akan menempuh dua jalur dalam menyikapi hal tersebut.

"Ada dua pendekatan yang kami lakukan, yaitu melalui jalur hukum dan politik. Dua jalur ini adalah yang bermartabat dan konstitusional. Ini telah kami pikirkan matang-matang dan berkomitmen. Untuk selanjutnya kami akan terus berkoordinasi pagi, siang, malam di sini (Rumah Polonia)," tuturnya.

Tuntut PSU
Tantowi mengatakan, temuan relawan terdapat kecurangan di 52.000 TPS di seluruh Indonesia. Salah satu kasusnya, jumlah surat suara tidak sama dengan jumlah pemilih yang mencoblos dan ada beberapa TPS pasangan nomor urut satu tidak meraih suara atau kosong sama sekali.

"Jadi, ada enam motif yang kami dapatkan, hasilnya itu kurang lebih 21 juta suara. Kami menuntut KPU melakukan PSU (Pemungutan Suara Ulang)," katanya.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

"Kenapa baru sekarang kami nyatakan, karena pengumpulan data itu tidak mudah. Kami telah layangkan gugatan kepada KPU, tetapi tidak digubris. Rekomendasi Bawaslu juga tidak dilaksanakan KPU," ungkapnya.

Tantowi menegaskan, pihaknya memiliki relawan militan yang disebar ke semua TPS di Tanah Air. "685 ribu orang yang bertugas di TPS seluruh Indonesia dan luar negeri. Tak satu pun TPS yang tidak kami awasi," tegasnya.

Joko Widodo dan Jusuf Kalla ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019. Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan KPU Nomor 536/KPTS/KPU/2014.

Penetapan ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik usai menyelesaikan rekapitulasi nasional perolehan suara pasangan capres-cawapres di kantor KPU, Jakarta, Selasa malam, 22 Juli 2014. [Baca ]

Striker Persik Kediri, Flavio Silva

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Perburuan top skor Liga 1 2023/24 memanas. Bomber Persib Bandung David Da Silva yang sebelumnya adem ayem di atas mendadak dapat pesaing. Ada Flavio Silva.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024