Bawaslu Sesalkan Aksi Walkout Saksi Tim Prabowo

Rekapitulasi suara KPU
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyayangkan atas sikap walkout yang dilakukan oleh saksi pasangan capres cawapres nomor urut 1, saat rapat sidang pleno hasil suara nasional berlangsung.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

"Sayang sekali. Tetapi, prinsipnya itu hak prerogratif yang dimiliki oleh para saksi, meskipun tidak menggangu dari sisi aspek legalitas. Namun, sedikit mengganggu dari sisi legitimatisasinya," kata Anggota Bawaslu Nasrullah kepada wartawan, Jakarta 22 Juli 2014.

Kemudian, Bawaslu memastikan, rapat sidang pleno akan tetap berlangsung walaupun saksi dari salah satu pasangan calon tidak ada.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

"Dalam benak kami, tadinya ada sikap gentle, legowo, yang bisa diperlihatkan dalam proses ini, dan paling tidak memberi gambaran positif kepada seluruh warga negara. Kalau sikap gentle itu diperlihatkan, rakyat tentu akan berpikir ulang ke depan," ujar Nasrullah.

Namun, Bawaslu memastikan tidak akan tinggal diam terhadap kabar-kabar kecurangan. Bawaslu menghimbau kepada KPU agar terus melakukan pemantauan.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS

"Mereka sendiri merasa ada hal yang curang dan tidak mendapatkan respons cepat oleh KPU, meskipun itu sesungguhnya sudah ada surat saksi dari pengawas pemilu tapi kemungkinan ada problem waktu yang jadi penyebab juga, sehingga beberapa langkah-langkah itu sulit dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara teknik, jadi itu yang mendasar," ujarnya. (asp)

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024