Pemprov Jatim Lebih Banyak Berikan Layanan Mudik Gratis

Ilustrasi/Pengisian bahan bakar minyak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui
- Dibanding dengan Provinsi lain, Pemerintah Propinsi  (Pemprov) Jawa Timur adalah satu-satunya propinsi yang terbanyak memberikan angkutan gratis.  Jika di tempat lain, hanya  ada angkutan darat gratis,  di Jawa Timur Pemprov setempat memberi pelayanan gratis bagi pemudik dengan bus, kereta api dan kapal laut.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Hal itu terungkap saat Tim Kunker Spesifik Komisi V DPR dipimpin Wakil Ketua Komisi Michael Wattimena menggelar pertemuan dengan jajaran Dinas Perhubungan, Kepolisian dan Basarnas serta BMKG Jawa Timur guna memantau persiapan angkutan mudik dan balik lebaran 2014 baru-baru ini di Surabaya.
Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition


Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jatim Wahid Wahyudi,  pada lebaran Idul Fitri tahun 2014 ini sebanyak 131.000 orang diberi  fasilitas mudik dan balik gratis. Pemda Jatim sendiri menyediakan 440 armada bus, dari perusahaan penerbit Radar menyediakan 50 bus, Jasa Rahardja 50 bus dan Pemkab Sidoarjo serta Honda menyediakan beberapa armada bus.


Menurut Wahyudi, Pemprov Jatim juga menyediakan angkutan laut gratis dengan menyiapkan 3 buah kapal diantaranya ke pulau-pulau Bawean dan Kangean sebanyak 32 trip. Mudik gratis juga disiapkan bagi penumpang kereta api antara lain rute Surabaya-Malang, Surabaya-Banyuwangi  dan kota lain yang berbatasan dengan Jawa Tengah.


Tidak hanya itu, Pemprov Jatim juga menyediakan sejumlah kendaraan gratis untuk mengangkut sepeda motor. Sebanyak 650 unit sepeda motor akan diangkut gratis sementara  pemiliknya diangkut dengan bus sampai  kampung halamannya. Kepedulian Pemprov Jatim juga diberikan terhadap pemudik ibu hamil dan ibu menyusui dengan disediakan bus khusus.


“Alkhamdulillah bus khusus ini banyak diminati, setelah dibuka pendaftaran sehari telah terpenuhi sebanyak 45.000 orang. Mudik ini juga dapat mengurangi kepadatan penumpang di terminal sehingga berdampak kepada kelancaran lalu lintas,” kata Wahid Wahyudi.


Komisi V DPR menghargai langkah-langkah Pemprov Jatim yang memberikan pelayanan mudik gratis ini. Menurut Wakil Ketua Komisi V Michael Wattimena, disbanding Propinsi lain, Jatim dalam pelayanan mudik gratis lebih unggul dan ini sangat membantu masyarakat merayakan lebaran. (
)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya