Ini Perolehan Suara Joko Widodo di Jawa Tengah

Jokowi Nyoblos Pilpres 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
- Calon Presiden nomor urut 2, Joko Widodo, percaya diri perolehan suara yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum relatif sama dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Hal itu dikemukakan Joko menyusul rilis
real count
Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang
Tim Joko-Kalla yang menang telak di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Menurut Joko, perolehan itu dapat dilihat dari sampel paparan kerja Tim Garuda Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jateng. Hasil antara quick count dengan formulir C1 pun diyakini tetap sama.


"Quick Count itu memakai metodologi ilmiah. Sama sekali hasilnya tidak berubah," ujar Joko saat singgah di Panti Marhaen, Semarang, Minggu 13 Juli 2014 malam.


Joko juga yakin angka perolehan di Jateng tidak akan berubah. Dari data rekapitulasi perhitungan suara pemilu presiden 2014 berdasarkan formulir C-1 yang dilakukan Tim Garuda DPD PDIP, pasangan Joko-Kalla mendulang suara sah sebanyak 12.739.994 (66,33 persen), mengungguli pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebanyak 6.379.878 suara (33,37 persen).


Ia menilai, prestasi gemilang hasil suara sah akan tetap utuh selama ada pengwalan, dari mulai tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga di tingkat Provinsi dan KPU Pusat. Joko meminta relawan agar mencermati prestasi gemilang atas perolehan hasil pemilu presiden pasangan Joko-Kalla yang unggul di 35 wilayah Kabupaten dan Kota di Jateng.


"Diminta semuanya baik relawan, masyarakat dan pihak-pihak lain agar ikut mengawasi hasil perolehan suara sah. Harus tetap dikawal, diawasi, dan dipelototi formulir C-1 nya," katanya.


Mantan Wali Kota Solo itu yakin jika hasil suara di provinsi lain tetap sama seperti rilis hitung cepat yang memenangkannya. Joko yang didampingi ketua tim pemenangan Jokowi-JK Jateng, Heru Sudjatmoko, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, serta perwakilan partai koalisi mendengarkan langsung presentasi hasil real count yang dilakukan di Jateng.


Prestasi gemilang itu menurut Joko bukan semata-mata kerja partai, melainkan kerja seluruh tim. Tanpa dukungan maupun partisipasi semua pihak menurutnya Joko-Kalla tidak akan unggul.


"Saya kaget, tidak ada satupun yang kalah (di Jateng), itu luar biasa. Saya pikir satu, dua, tiga atau empat wilayah kalah. Ternyata disapu bersih," ujarnya.


Ketua Tim Pemenangan Joko-Kalla Jateng, Heru Sudjatmoko, menyatakan berdasarkan hasil real count, suara sah pasangan Joko-Kalla hampir meraup 2/3 jumlah pemilih di Jateng. Kata Heru, Jateng merupakan wilayah penyumbang suara Joko-Kalla terbesar di Indonesia.


"Hasil real count yang kami lakukan di seluruh TPS adalah berdasarkan formulir C-1 yang diperoleh dari saksi menyebutkan bahwa 66,33 % persen masyarakat Jateng pilih Jokowi-JK, " kata pria yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jateng itu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya