Surat Edaran Jaga Kemenangan "Kawan Jokowi" Palsu

Banyu Biru
Sumber :
  • Heryu Nandiasa/ Vivanews

VIVAnews - Ketua Umum Kawan Joko Widodo, Diaz Hendropriyono, mengatakan tidak pernah menyebarkan surat edaran untuk menjaga kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada pemilihan presiden 2014.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Diaz menuding, ada upaya sistematis yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk membuat suasana usai penyelenggaraan pilpres ini menjadi tidak kondusif.

"Surat yang beredar saat ini dengan kop surat palsu yang mengatasnamakan Kawan Jokowi adalah tidak benar dan merupakan bentuk fitnah,” kata Diaz, Minggu 13 Juli 2014 malam.

Diaz menekankan usai melihat isi surat itu, dia memastikan dibuat secara sadar dan sistematis. Karena dari bahasanya jelas surat itu disusun orang yang sudah mengerti dengan hal-hal berbau politik.

"Ini merupakan upaya memperkeruh suasana politik paska pilpres," ujarnya.

Diaz mengatakan tanda tangannya yang tercantum di surat itu dipalsukan. Dia juga tidak pernah menyatakan beberapa tim kampanye nasional Joko-Kalla berada di bawah instruksi Kawan Jokowi.

"Itu kan tidak masuk di akal,” ungkapnya.

Ketua Pemuda Pusat Kawan Jokowi, Banyu Biru Djarot, menuding pemalsuan surat itu adalah suatu teori konspirasi yang diterapkan dalam perang siber. Dia juga meminta agar publik tidak terpancing dengan isu-isu yang tertulis dalam surat itu.

"Untuk semua relawan saya harapkan jangan sampai emosi, tahan diri. Jangan meretak, mari merekat," katanya.

Sebelumnya, beredar surat berisi seruan agar tim pemenangan Joko-Kalla menjaga kemenangan. Surat itu beredar di jejaring sosial twitter sejak Minggu 13 Juli 2014 dini hari.

Selebaran pertama kali di-posting oleh akun @k4w4nj0k0w1 dan di-mention ke beberapa akun lain. Selebaran berisi seruan agar tim media sosial, tim advokasi, dan tim intel bergerak melakukan berbagai upaya untuk menjaga kemenangan Joko. (one)

Seorang hacker/peretas mencoba membongkar keamanan siber.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Mastercard melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Cybersecurity Center of Excellence/CoE yang fokus pada keamanan siber.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024