Prabowo-Hatta Unggul Dalam Survei JSI

Kampanye Akbar Prabowo-Hatta di SUGBK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Pemkot Malang Siapkan THR Rp29 Miliar untuk Para ASN
Jaringan Suara Indonesia (JSI) melansir hasil survei dua pasang Capres-Cawapres di batas waktu terakhir. Dari survei yang dilakukan dari 4-7 Juli ini pasangan Prabowo-Hatta unggul.

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

"Pasangan Prabowo-Hatta unggul dibanding Jokowi-JK. Kemenangan ini berdasarkan tren masyarakat terhadap tingkat pengenalan capres cawapres yang terus meningkat," kata Direktur Riset JSI, Eka Kusmayadi di Jakarta, Selasa 8 Juli 2014.
Warga Binaan Rutan Tangerang Ditemukan Tewas Gantung Diri


Eka membandingkan tren kenaikan dan penurunan berdasarkan dua survei sebelumnya. Tingkat pengenalan terhadap Prabowo Subianto oleh sampel terus meningkat dari survei pada 24-29 Maret yang hanya 89,4 persen naik pada 2-7 Juni menjadi 97,3 persen dan pada survei terakhir pada 4-7 Juli mencapai 98,1 persen.


Sedangkan tingkat pengenalan responden terhadap Jokowi Pada 24-29 Maret berada 95,7 persen. Jumlah itu sempat naik pada survei 2-7 Juni menjadi 99,0 persen dan kembali turun pada 4-7 Juli menjadi 97,7 persen.


"Ada beberapa faktor yang membuat ini terjadi. Diantaranya isu negatif terhadap Jokowi ternyata lebih mengena. Seperti isu tidak amanah dan Jakarta saat ini. Sedangkan isu terhadap Prabowo tidak mengena, karena yang digunakan isu usang dan tidak laku lagi," katanya.


Pola ini berbalik dengan pasangan calon wakil presiden, dimana keduanya naik signifikan pada tiga periode survei. Pengenalan responden terhadap cawapres Hatta Rajasa pada 24-29 Maret hanya 73,9 persen naik pada 2-7 Juni menjadi 91,3 persen dan pada survei terakhir pada 4-7 Juli mencapai 94,4 persen.


Pengenalan responden terhadap cawapres Jusuf Kalla juga trennya naik pada 24-29 Maret hanya 94,1 persen naik pada 2-7 Juni menjadi 96,9 persen dan pada survei terakhir pada 4-7 Juli mencapai 97,0 persen.


"Ini disebabkan oleh beberapa debat yang melibatkan cawapres. Hatta dianggap lebih tenang, fokus dan elegan. Kondisi ini yang berpengaruh positif terhadap naiknya elektabilitas Hatta dan mendorong Prabowo," jelasnya.


Survei dilakukan oleh JSI di 33 Provinsi dari tanggal  4-7 Juli. Teknik sampling menggunakan
multistage random sampling
dengan 1200 responden. "Kita menjaga
quality control
dengan mentapkan 20 persen dari total sampel dimonitoring selama wawancara langsung dan 20 persen sampel didatangi kembali setelah proses wawancara selesai," jelasnya. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya