Marzuki Alie: Dua Cawapres Sama-sama Kuasai Isu Debat

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
VIVAnews
- Komisi Pemillihan Umum (KPU) akan kembali mengelar debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) malam ini. Dalam debat putaran keempat ini diikuti masing-masing cawapres dengan tema 'Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK'.
72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI


Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY
Anggota tim pemenangan Prabowo-Hatta, Marzuki Alie di Jakarta, Minggu, 29 Juni 2014 mengatakan, kedua cawapres memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik mengenai isu SDM dan iptek. Sehingga debat malam ini diperkirakan akan seru dan menarik, apalagi keduanya pernah menjadi bagian dari pemerintah yang mengurusi hal tersebut.

Marzuki menjelaskan, Cawapres Hatta Rajasa memiliki pengalaman segudang mengenai isu yang akan diusung pada debat malam nanti. Pengalaman itu didapat Hatta dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri di  pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dua periode 2004-2014.


Hatta diketahui pernah menjabat sebagai, menteri riset dan teknologi, menteri perhubungan dan menteri koordinator bidang perekonomian. Ketiga jabatan tersebut berhubungan erat dengan pengembangan iptek dan SDM.


Sementara itu Cawapres Jusuf Kalla diakui Marzuki,  dengan pengalamannya menjadi wapres di pemerintahan SBY Periode 2004-2009, seharusnya memiliki inovasi baru ke depannya. Khususnya terkait dengan isu yang akan dibahas malam ini.


"Mereka bergaul cukup lama dan mengetahui satu sama lainnya, meskipun ada yang ditambahan untuk melakukan perbaikan- perbaikan, dan yang sudah baik dilanjutkan," kata Marzuki.


Hatta sendiri menurutnya akan fokus pada pengembangan iptek dan SDM guna meningkatkan daya saing menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015 mendatang.


"Bisa bersaing di level ASEAN dulu minimal, dan yang lebih besar lagi di dunia," ujarnya.


Dalam kesempatan berbeda, Anggota Tim Pemenangan Joko Widodo- Jusuf Kalla, Anis Baswedan mengatakan, JK siap melakukan debat malam nanti. Persiapan juga telah dilakukan dengan matang.


"Pak JK juga sebenarnya bukan orang baru. Ini juga bukan cerdas cermat, yang harus ngapal-ngapalin, jadi saya optimis, nanti malam pak JK akan berjalan dengan baik," kata Anis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya