Ketua PBNU: Prabowo Tak Terlibat Kerusuhan Mei 1998

Ketum PBNU Said Aqil Siraj dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengungkapkan calon presiden Prabowo Subianto adalah orang yang paling dekat dengan NU. Kedekatan Prabowo semakin erat pada masa awal reformasi.

"Kedekatan Prabowo dengan Gus Dur ketika masa-masa ribut reformasi itu. Prabowo sering berkunjung ke Gus Dur," ujar Said di lapangan Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama Khas Kempek, Paliaman, Cirebon, Jawa Barat, Jumat 27 Juni 2014. Gus Dur atau Abdurrahman Wahid merupakan mantan Presiden RI dan juga tokoh NU.

Said mengatakan, pertemuan Prabowo dengan Gus Dur sering dilakukan pada malam hari di kediaman Gus Dur. Pertemuan yang sifatnya informal sering dihadiri dengan beberapa tokoh NU lain, seperti Muhaimin Iskandar dan Syaifullah Yusuf.

"Sampai Gus Dur mengatakan orang paling ikhlas untuk bangsa ini adalah Prabowo. Artinya apa, dia siap berkorban. Siap dilengserkan dari pangkostrad, siap dicabut dari kedudukannya. Sebab kalau bukan dia siapa lagi tumbalnya," kata Said.

Selain itu, Said meyakinkan bahwa Prabowo sadar dengan apa yang dia pilih. Prabowo, kata Said, rela menjadi "tumbal" jenderal-jenderal lainnya pada peristiwa 1998. "Maka beliau siap menerima itu," katanya.

Bahkan, Said mengatakan Prabowo terbebas dari berbagai tuduhan pelanggaran HAM. Ini mengacu pada hasil kesimpulan Tim Pencari Fakta (TPGF) yang pernah dibentuk.

"Saya waktu itu Wakil Ketua TPGF. Ketuanya Pak Marzuki Darusman. Wakilnya saya. Anggotanya Bambang Widjojanto, Ketua LBH waktu itu. Hakim Garuda Nusantara, ibu Nursjahbani. Kesimpulannya, Pak Prabowo bukan dalang kerusuhan," jelasnya.

Mengenai pernyataan Wiranto yang membeberkan dokumen Dewan Kehormatan Militer (DKP), Said hanya menjawab singkat. "Beda dengan kesimpulan tim pencari faktalah. Saya sebagai Wakil Ketua TPGF kerusuhan Mei 1998. Kesimpulannya Pak Prabowo tidak ikut campur sama sekali," tegasnya.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Ponpes sekitar pukul 10.45 WIB. Prabowo mengenakan kemeja putih dan peci hitam. Saat tiba, Prabowo disambut langsung oleh Said Aqil.

Ratusan warga yang didominasi ibu-ibu, tapak menyambut kedatangan Prabowo. Mereka berebut salaman dengan mantan Komandan Jenderal Kopassus itu. (ita)

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi
Baca juga:
Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?
Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya