Ditanya Jokowi Apa Ancaman Terbesar RI, Ini Jawab Prabowo

Prabowo dan Jokowi saat debat Pilpres 2014 yang lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Komisi Pemilihan Umum kembali menggelar debat antara dua calon presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo. Dalam debat yang dipandu guru besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwono, Jokowi sempat melontarkan pertanyaan, apakah ancaman terbesar yang kini dihadapi Indonesia.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Pertanyaan dari kandidat untuk kandidat lainnya menjadi bagian dari aturan debat. Ditanya soal ini, Prabowo sempat balik bertanya kepada Jokowi, apakah yang dimaksud ancaman dari luar negeri atau dari dalam negeri. "Saya kira dua-duanya, dalam dan luar negeri," kata Jokowi dalam debat ketiga, Minggu malam 22 Juni 2014.
Tottenham dan Man Utd Berjuang untuk Mengontrak Mantan Pemain Arsenal, Segini Harganya


Soal ini, Prabowo melihat, saat ini ada negara-negara tertentu yang akan mengklaim wilayah nasional Indonesia, dalam hal batas laut maupun klaim wilayah di pulau-pulau terluar.


"Ini harus kita hadapi. Dari dalam negeri ancamannya adalah kemiskinan, lalu kekuasaan bangsa Indonesia sendiri atas kekayaannya," kata Prabowo.


Saat ini, lanjut dia, banyak sumber daya alam yang dikuasai asing, sehingga Indonesia tidak memiliki tabungan kekayaan nasional untuk mengatasi kemiskinan bangsa. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya